UR RIDHO , HASBI (2024) HUBUNGAN TIPE KEPRIBADIAN VOKASIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR BERDASARKAN KELOMPOK MATA PELAJARAN DI SMAN 1 LIWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - Mahasiswa Unila.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL - Mahasiswa Unila.pdf Restricted to Hanya staf Download (925Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Mahasiswa Unila.pdf Download (852Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa kelompok mata pelajaran di SMAN 1 Liwa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara hubungan tipe kepribadian vokasioanal dengan prestasi belajar siswa kelompok mata pelajaran di SMAN 1 Liwa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMAN 1 Liwa. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling dengan jumlah responden 120 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan inventori eksplorasi karier arahan diri (IEKAD) dan nilai raport siswa. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji korelasi koefisien kontingensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji korelasi koefisien kontingensi dengan nilai relasi sebesar 0,001 pada kategori IPS, nilai relasi sebesar 0,006 pada kategori IPA, dan nilai relasi sebesar 0,013 pada kategori Bahasa Indonesia. Karena nilai relasi < 0,05 maka Ha diterima, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara tipe kepribadian vokasional dengan prestasi belajar siswa kelas XI di SMAN 1 Liwa. Kata kunci: tipe kepribadian vokasional, prestasi belajar, siswa, mata pelajaran The problem The problem in this research is the low learning achievement of students in subject groups at SMAN 1 Liwa. This research aims to determine the relationship between vocational personality types and student learning achievement in subject groups at SMAN 1 Liwa. The research approach used is a quantitative approach with a correlational research type. The population in this study were class XI students at SMAN 1 Liwa. The sampling technique used was simple random sampling with a total of 120 students as respondents. Data collection techniques used the self-directed career exploration inventory (IEKAD) and student report cards. The data analysis used in this research is the contingency coefficient correlation test. The results of the research show that the correlation coefficient test with the relationship value is 0.001 in the social studies category, the relationship value is 0.006 in the science category, and the relationship value is 0.013 in the Indonesian language category. Because the relationship value is <0.05, Ha is accepted, meaning that there is a significant relationship between vocational personality type and the learning achievement of class XI students at SMAN 1 Liwa. Keywords: vocational personality type, student, achievement, subject group.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 05 Feb 2025 03:23 |
Terakhir diubah: | 05 Feb 2025 03:23 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/82074 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |