PERKEMBANGAN KARAKTER PERCAYA DIRI SISWA PADA PADUAN SUARA DI EKSTRAKURIKULER SMA NEGERI 1 PUNGGUR

Aldi , Wahyu Rahmadan (2024) PERKEMBANGAN KARAKTER PERCAYA DIRI SISWA PADA PADUAN SUARA DI EKSTRAKURIKULER SMA NEGERI 1 PUNGGUR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1.ABSTRAK - Aldi Wahyu Rahmadan.pdf

Download (3257Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - Aldi Wahyu Rahmadan.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3428Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN - Aldi Wahyu Rahmadan.pdf

Download (3430Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini menelusuri bagaimana kegiatan paduan suara di ekstrakurikuler SMA Negeri 1 Punggur berkontribusi pada perkembangan karakter percaya diri siswa, sejalan dengan tujuan pendidikan nasional. Selain dari lingkungan akademis, pendidikan karakter juga melibatkan ekstrakurikuler, budaya sekolah, dan interaksi di rumah serta masyarakat. Aktivitas pengembangan diri di luar mata pelajaran, yang diatur oleh staf pendidikan, penting dalam membentuk karakter siswa. Penelitian ini menekankan pentingnya pengembangan karakter, terutama kepercayaan diri, melalui ekstrakurikuler paduan suara. Hasil pra-survey menunjukkan dampak positif paduan suara dalam membentuk kepercayaan diri siswa. Sekolah dapat meningkatkan program ekstrakurikuler dengan pendekatan terstruktur yang fokus pada pengembangan kepercayaan diri siswa serta memperkuat hubungan antara guru dan siswa. Penelitian ini memberikan wawasan berharga untuk merancang program ekstrakurikuler yang memperkaya karakter siswa di luar lingkup akademis. Secara keseluruhan, ekstrakurikuler paduan suara di SMA Negeri 1 Punggur berperan penting dalam meningkatkan kepercayaan diri dan keterampilan sosial siswa melalui teknik vokal, latihan pernapasan, dan penampilan publik, sambil menciptakan lingkungan yang mendukung. Untuk pengembangan lebih lanjut, disarankan agar program ini meningkatkan teknik pengajaran, menyediakan pelatihan tambahan bagi pelatih, dan mengimplementasikan sistem mentoring antara siswa senior dan baru. Penambahan sesi pelatihan tentang manajemen stres dan keterampilan komunikasi, serta penilaian berkala dengan umpan balik konstruktif, juga penting. Selain itu, kolaborasi dengan program ekstrakurikuler lain di sekolah dapat memperluas keterampilan sosial dan kerja sama siswa, memberikan manfaat tambahan bagi pertumbuhan pribadi dan akademik mereka. Kata Kunci:Paduan Suara, Ekstrakulikuler, Karakter, Percaya Diri

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
700 Seni, seni rupa, kesenian
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Musik
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 05 Feb 2025 03:30
Terakhir diubah: 05 Feb 2025 03:30
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/82077

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir