Imam, Safi'i (2024) PENGEMBANGAN E-MODULE BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN SUSTAINABILITY LITERACY SISWA PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
Abstrak Skripsi - Imam Safi'i (1) - Imam Safi'i.pdf Download (264Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
REVISI_SKRIPSI - IMAM SAFI'I_2013025015 (TANPA LAMPIRAN) - Imam Safi'i.pdf Restricted to Hanya staf Download (2729Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
REVISI_SKRIPSI - IMAM SAFI'I_2013025015 (TANPA BAB PEMBAHASAN) - Imam Safi'i.pdf Download (1827Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-module berbasis android untuk meningkatkan sustainability literacy siswa pada materi Perubahan Iklim. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan model 3D dengan tiga tahapan yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), dan Develop (Pengembangan). Penelitian dilakukan di SMP Negeri 8 Bandarlampung Kelas VII pada Semester Genap Tahun Ajaran 2023/2024. Uji coba awal dilakukan pada 10 Siswa SMP Negeri 8 Bandarlampung. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu kevalidan dan kepraktisan produk yang didapatkan dari angket uji validasi ahli materi, angket uji validasi ahli media, angket persepsi guru, dan angket respons siswa. Hasil rata-rata skor uji validitas menunjukan uji validasi ahli materi dengan skor 3,87 dengan kategori sangat valid, uji validasi ahli media memperoleh skor 3,52 dengan kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan yang diperoleh dari persepsi guru menunjukkan nilai persentase sebesar 96,25% dengan kategori sangat praktis dan dari respons siswa menunjukkan nilai persentase sebesar 99% dengan kategori sangat praktis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-module berbasis android yang dikembangkan valid dan praktis, tetapi masih perlu uji coba pada kelompok yang lebih besar untuk mengetahui efektivitas produk. Kata Kunci: Android, E-module, Perubahan Iklim, Sustainability Literacy This study aims to produce an Android-based e-module to enhance students' sustainability literacy on the topic of Climate Change. The research employs a Research and Development (R&D) approach using a 3D model with three stages: Define, Design, and Develop. The study was conducted at SMP Negeri 8 Bandarlampung, Grade VII, during the second semester of the 2023/2024 academic year. An initial trial was conducted with 10 students from SMP Negeri 8 Bandarlampung. The data analysis techniques used in this study include the validity and practicality of the product, derived from expert material validation questionnaires, expert media validation questionnaires, teacher perception questionnaires, and student response questionnaires. The average validity test scores showed that the material expert validation received a score of 3.87, categorized as very valid, and the media expert validation received a score of 3.52, also categorized as very valid. The practicality test results obtained from teacher perceptions showed a percentage score of 96.25%, categorized as very practical, and from student responses showed a percentage score of 99%, categorized as very practical. The research results indicate that the developed Android-based e-module is valid and practical but still needs to be tested on a larger group to determine the product's effectiveness. Keywords: Android, E-module, Climate Change, Sustainability Literacy
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika |
Program Studi: | FAKULTAS MIPA > Prodi Sistem Informasi |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 05 Feb 2025 04:15 |
Terakhir diubah: | 05 Feb 2025 04:15 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/82106 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |