CAHYANINGTYAS, PRAYITNO (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Studi pada kelas VIII SMP Negeri 5 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (208Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2860Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf Download (3106Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Bandar Lampung sebanyak 323 siswa yang terdistribusi ke dalam sebelas kelas yaitu VIII-1 sampai VIII-11. Sampel penelitian adalah kelas VIII-4 sebanyak 31 siswa dan kelas VIII-5 sebanyak 30 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design dengan kelas VIII-4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-5 sebagai kelas kontrol. Data pada penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji-t dengan α= 0,05 diperoleh bahwa rata-rata peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi dibandingkan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata kunci: inkuiri terbimbing, kemampuan pemecahan masalah matematis, pengaruh. This research aims to determine the effect of the guided inquiry learning model on students' mathematical problem solving skills. The population of this study were all students of class VIII of SMP Negeri 5 Bandar Lampung as many as 323 students distributed into eleven classes, namely VIII-1 to VIII-11. The sample of this study was class VIII-4 as many as 31 students and class VIII-5 as many as 30 students selected using purposive sampling technique. The research design used was pretest-posttest control group design with class VIII-4 as the experimental class and class VIII-5 as the control class. The data in this research is quantitative data obtained through tests of mathematical problem solving abilities. Based on the results of hypothesis testing using the t-test with α= 0.05, it was found that the average increase in mathematical problem solving skills of students who participated the guided inquiry learning model was higher than the increase in mathematical problem solving skills of students who participated conventional learning, so it can be concluded that the model Guided inquiry learning influences students' mathematical problem solving skills. Keywords: guided inquiry, influence, mathematical problem solving skills.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Matematika |
Pengguna Deposit: | 2308461208 . Digilib |
Date Deposited: | 05 Feb 2025 07:05 |
Terakhir diubah: | 05 Feb 2025 07:05 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/82148 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |