PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD DAN AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS V SDN 5 JATIMULYO

INDAH , APRILIA AKMAL (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD DAN AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS V SDN 5 JATIMULYO. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
INDAH APRILIA AKMAL_ABSTRAK - 23_ Indah Aprilia Akmal_ 6E.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] File PDF
INDAH APRILIA AKMAL_ FULL SKRIPSI TANPA LAMPIRAN - 23_ Indah Aprilia Akmal_ 6E.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1236Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
INDAH APRILIA AKMAL_FULL SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN DAN LAMPIRAN - 23_ Indah Aprilia Akmal_ 6E.pdf

Download (1211Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS peserta didik kelas V SD Negeri 5 Jatimulyo. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) pengaruh model kooperatif tipe make a match berbantuan media flashcard, (2) pengaruh model kooperatif tipe make a match berbantuan media audio visual, (3) perbedaan antara pengaruh model kooperatif tipe make a match berbantuan media flashcard dan audio visual terhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas V SD. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 63 peserta didik. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa pilihan jamak. Hasil penelitian (1) terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model kooperatif tipe make a match berbantuan media flashcard, (2) terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model kooperatif tipe make a match berbantuan media audio visual, (3) terdapat perbedaan pengaruh antara model kooperatif tipe make a match berbantuan media flashcard dengan model kooperatif tipe make a match berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas V SDN 5 Jatimulyo Tahun Pelajaran 2023/2024. Kata kunci: audio visual, flashcard, make a match The problem in this study is the low social studies learning outcomes of fifth grade students of SD Negeri 5 Jatimulyo. This study aims to analyze (1) the effect of cooperative model type make a match assisted by flashcard media, (2) the effect of cooperative model type make a match assisted by audio visual media, (3) the difference between the effect of cooperative model type make a match assisted by flashcard media and audio visual on social studies learning outcomes of fifth grade students. This research uses quasi-experimental method. The sample in this study amounted to 63 students. Determination of the research sample using purposive sampling technique. Data collection techniques using test techniques in the form of multiple choice. The results of the study (1) there is a significant effect in the use of cooperative model of make a match type assisted by flashcard media, (2) there is a significant effect in the use of cooperative model of make a match type assisted by audio visual media, (3) there is a difference in the effect between cooperative model of make a match type assisted by flashcard media with cooperative model of make a match type assisted by audio visual media on social studies learning outcomes of fifth grade students of SDN 5 Jatimulyo in 2023/2024 academic year. Keywords: audio-visual, flashcards, make a match

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 05 Feb 2025 06:39
Terakhir diubah: 05 Feb 2025 06:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/82170

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir