PENGARUH MEDIA PERMAINAN TRADISIONAL ULAR TANGGA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA 5-6 TAHUN

Ika , Alfina Damayanti (2024) PENGARUH MEDIA PERMAINAN TRADISIONAL ULAR TANGGA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA 5-6 TAHUN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK_SKRIPSI PENGARUH MEDIA PERMAINAN TRADISIONAL ULAR TANGGA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA 5-6 TAHUN - Ika Alfina Damayanti.pdf

Download (34Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL_IKA ALFINA DAMAYANTI_2013054006_PG PAUD - Ika Alfina Damayanti.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1092Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN_IKA ALFINA DAMAYANTI_2013054006_PG PAUD - Ika Alfina Damayanti.pdf

Download (960Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah pada penelitian ini adalah anak-anak yang masih kesulitan dalam kemampuan berhitungnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media permainan tradisional ular tangga terhadap kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi eksperiment. Populasi pada penelitian ini yaitu anak kelompok B di TK Al-Akbar yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 30 anak. Sampel pada penelitian ini diambil melalui teknik pengambilan sampel jenuh yaitu seluruh anggota populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Hipotesis penelitian ini yaitu terdapat pengaruh antara permainan tradisional ular tangga terhadap kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney U mendapat nilai 0,000 < 0,005. Hasil uji N-Gain kelas eksperimen 0,8349 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol 0,5563 dengan kategori sedang. sehingga Ha diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media permainan tradisional ular tangga memiliki pengaruh terhadap kemampuan berhitung anak. Kata Kunci: anak usia dini, kemampuan berhitung, permainan ular tangga The problem in this study is children who still have difficulty in their counting skills. This study aims to determine the effect of traditional snakes and ladders game media on the counting ability of children aged 5-6 years. The research method used in this research is a quantitative approach with the type of quasi-experiment. The population in this study were group B children at Al-Akbar Kindergarten consisting of 2 classes totaling 30 children. The sample in this study was taken through saturated sampling technique, namely all members of the population. Data collection techniques using observation sheets. The hypothesis of this study is that there is an influence between traditional snakes and ladders games on the counting ability of children aged 5-6 years. This can be proven from the results of hypothesis testing using the Mann-Whitney U test got a value of 0.000 <0.005. The N-Gain test results of the experimental class are 0.835 with a high category and the control class is 0.556 with a medium category. so Ha is accepted. The results showed that the traditional snakes and ladders game media had an influence on children's counting skills. Keywords: early chilldhood, counting skills, snakes and ladders game

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan PG-PAUD
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 05 Feb 2025 07:47
Terakhir diubah: 05 Feb 2025 07:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/82197

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir