Mega , Shavira Putranty (2024) PENGARUH KONSENTRASI BELAJAR, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMAN 5 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2022/2023. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT - Rocket Digital.pdf Download (30Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL - Rocket Digital.pdf Restricted to Hanya staf Download (2286Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Rocket Digital.pdf Download (2060Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Pengaruh konsentrasi belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa, 2) Pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar ekonomi siwa, 3) Pengaruh teman sebaya terhadap hasil belajar ekonomi siswa, dan 4) Pengaruh konsentrasi belajar, lingkungan keluarga, dan teman sebaya terhadap hasil belajar ekonomi siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2022/2023 dengan jumlah 143 siswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 43 siswa, yang diperoleh dengan teknik pengambilan sampel probability sampling dengan menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner online. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t dan F serta diolah dengan program SPSS. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh konsentrasi belajar, lingkungan keluarga, dan teman sebaya terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Bandar Lampung dengan kadar determinasi sebesar sebesar 0,651 atau 65,1% hasil belajar dipengaruhi oleh konsentrasi belajar, lingkungan keluarga dan teman sebaya, sedangkan sisanya sebesar 34,9% dipengaruhi oleh faktor variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh dan signifikan konsentrasi belajar, lingkungan keluarga, dan teman sebaya terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Bandar Lampung. Kata Kunci : Konsentrasi Belajar, Lingkungan Keluarga, Teman Sebaya, Hasil Belajar. This research aims to determine: 1) The influence of learning concentration on students' economic learning outcomes, 2) The influence of the family environment on students' economic learning outcomes, 3) The influence of peers on students' economic learning outcomes, and 4) The influence of learning concentration, family environment, and peers on students' economic learning outcomes. This research uses descriptive verification research methods with an ex post facto and survey approach. The population in this study were class XI IPS students at SMA Negeri 5 Bandar Lampung for the 2022/2023 academic year with a total of 143 students. The number of samples in this study was 43 students, which were obtained using probability sampling techniques using simple random sampling. Data collection uses an online questionnaire. Hypothesis testing was carried out using t and F tests and processed using the SPSS program. The results of the analysis show that there is an influence of study concentration, family environment and peers on the economic learning outcomes of class peers, while the remaining 34.9% was influenced by other variable factors not examined by researchers. The conclusion of this research is that there is a significant and significant influence of study concentration, family environment and peers on the economic learning outcomes of class XI IPS students at SMA Negeri 5 Bandar Lampung. Keywords: Study Concentration, Family Environment, Peers, Learning Results.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 05 Feb 2025 09:13 |
Terakhir diubah: | 05 Feb 2025 09:13 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/82259 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |