Nur , Rohmatul Aini (2024) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBANTUKAN POWTOON PADA MATERI SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - NUR ROHMATUL AINI - NUR ROHMATUL AINI.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
Full Tesis (No Lampiran) - NUR ROHMATUL AINI.pdf Restricted to Hanya staf Download (1328Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
Tesis (No Bab 4 + No Lampiran) - NUR ROHMATUL AINI.pdf Download (1313Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan di SMP PGRI 02 Gedung Aji Baru menunjukkan bahwa peserta didik kelas VII masih kurang dalam memahami materi sistem organisasi kehidupan, terdapat masalah yang dihadapi peserta didik dalam pembelajaran IPA yaitu dalam proses pembelajaran guru tidak menggunakan media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat membantu pemahaman peserta didik terhadap materi sistem organisasi kehidupan adalah media video berbasis powtoon. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengembangan media, kelayakan, keefektifan, dan kepraktisan video powtoon terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian dijalankan menggunakan R&D (Research and Development), dengan berbantukan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan validasi ahli, teknik observasi, soal test dan angket. Hasil persentase validasi yang dilakukan validator yaitu 91% dengan kriteria sangat baik. Persentase aktivitas peserta didik yang relevan selama pembelajaran dapat dikatakan reliabel. Hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran video powtoon pada materi sistem organisasi kehidupan memperoleh effect size 0,3 maka termasuk dalam kategori sedang. Hal ini menunjukan bahwa pengembangan video powtoon memberi pengaruh yang cukup tinggi terhadap kemampuan hasil belajar peserta didik. Hasil respon terhadap penggunaan video powtoon ditinjau dari beberapa aspek yaitu kemenarikan, kebermanfaatan dan kemudahan, oleh respon Guru diperoleh 85% tanggapan sangat tinggi, respon peserta didik diperoleh 89% tanggapan sangat tinggi. Hal ini menunjukan bahwa respon guru dan peserta didik sangat positif terhadap pengembangan video powtoon. Sedemikian itu, penelitian pengembangan video powtoon layak digunakan pada materi sistem organisasi kehidupan dengan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik. Kata kunci: media pembelajaran video powtoon, materi sistem organisasi kehidupan, hasil belajar.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Keguruan IPA |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 06 Feb 2025 04:08 |
Terakhir diubah: | 06 Feb 2025 04:08 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/82344 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |