Peran SM Entertainment Dalam Menyebarkan Korean Wave di Jepang

Kennia , Suryaningrum Tjiu (2024) Peran SM Entertainment Dalam Menyebarkan Korean Wave di Jepang. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK KENNIA - Kenia Tjiu.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL KENNIA - Kenia Tjiu.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2050Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMABAHASAN - Kenia Tjiu.pdf

Download (1600Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Peran SM Entertainment dalam diplomasi membawa pengaruh terhadap hubungan Korea Selatan dan Jepang. Sejarah di masa lampau memengaruhi sikap antara kedua negara, hal itu juga yang menjadi alasan mereka untuk memperbaiki ketegangan dengan mempromosikan soft power negara dalam hal ini yaitu Korean Wave. Sejak awal terbentuknya, SM Entertainment sebagai salah satu perusahaan hiburan terbesar Korea Selatan sudah menunjukkan eksistensinya dengan kesuksesan artis mereka yang tidak hanya di Korea Selatan melainkan merambah ke masyarakat global khususnya Asia. Walaupun SM Entertainment dengan konsisten melakukan promosi secara global khususnya di kawasan Asia, akan tetapi Jepang merupakan target pasar utama bagi SM Entertainment. Fokus penelitian ini ialah analisis kerjasama SM Entertainment di pasar Asia Timur khususnya Jepang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hubungan bilateral antara Jepang - Korea Selatan dan mendeskripsikan peran SM Entertainment dalam penyebaran Korean Wave di Jepang. Penggunaan konsep corporate diplomacy dan Korean Wave digunakan untuk alat analisis peran SM Entertainment sebagai perusahaan multinasional dalam menyebarkan Korean Wave di Jepang. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, pengumpulan data melalui studi pustaka berupa dokumen, buku, serta artikel. Hasil dari penelitian ini, bahwa upaya yang dilakukan SM Entertainment dalam menggunakan artisnya untuk mencapai tujuan berdiplomasi sudah terlaksana dengan baik. Dengan strategi SM Entertainment sebagai perusahaan atau agensi hiburan yang awalnya berfokus pada ekonomi saja, karena adanya keterlibatan dalam diplomasi maka strategi tersebut dipadukan dengan strategi penguatan budaya secara domestik maupun global. Kata kunci: Corporate Diplomacy, Korean Wave, SM Entertainment. ABSTRACT SM Entertainment's Role in Spreading the Korean Wave in Japan By Kennia Suryaningrum Tjiu SM Entertainment's role in diplomacy has an influence on relations between South Korea and Japan. History in the past influences attitudes between the two countries, this is also the reason for them to improve tensions by promoting the country's soft power, in this case the Korean Wave. Since its inception, SM Entertainment as one of South Korea's largest entertainment companies has demonstrated its existence with the success of its artists not only in South Korea but also spreading to the global community, especially Asia. Even though SM Entertainment consistently promotes globally, especially in the Asian region, Japan is the main target market for SM Entertainment. The focus of this research is an analysis of SM Entertainment's collaboration in the East Asian market, especially Japan. The purpose of this research is to describe bilateral relations between Japan - South Korea and describe the role of SM Entertainment in the spread of the Korean Wave in Japan. The use of the concept of corporate diplomacy and the Korean Wave is used as a tool to analyze the role of SM Entertainment as a multinational company in spreading the Korean Wave in Japan. With a descriptive qualitative approach, data collection is done through library research in the form of documents, books and articles. The results of this research are that the efforts made by SM Entertainment in using its artists to achieve diplomatic goals have been carried out well. With SM Entertainment's strategy as an entertainment company or agency which initially focused only on the economy, because of its involvement in diplomacy, this strategy was combined with a strategy to strengthen culture domestically and globally. Keywords: Corporate Diplomacy, Korean Wave, SM Entertainment.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 320 Ilmu politik (politik dan pemerintahan) > 322 Hubungan negara dengan kelompok terorganisir dan anggotanya
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi S1-Hubungan Internasional
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 06 Feb 2025 07:33
Terakhir diubah: 06 Feb 2025 07:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/82424

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir