KEMAMPUAN MENARI KELAS III MENGGUNAKAN BRAIN DANCE BERBASIS ETNOPEDAGOGI DI SDN 1 SEGALA MIDER BANDAR LAMPUNG

Fitri , Destiani Nurjanah (2025) KEMAMPUAN MENARI KELAS III MENGGUNAKAN BRAIN DANCE BERBASIS ETNOPEDAGOGI DI SDN 1 SEGALA MIDER BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (38Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2923Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1634Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menari kelas III menggunakan Brain Dance yang dipadukan dengan pendekatan pembelajaran etnopedagogi di SDN 1 Segala Mider Bandar Lampung. Objek penelitian ini adalah kemampuan menari, yaitu sebelum dan setelah diberikan perlakuan dengan Brain Dance. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 1 Segala Mider Bandar Lampung, yang berjumlah 60 siswa dan terbagi menjadi 30 siswa kelas kontrol serta 30 siswa kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pengumpulan data dari kuisioner, wawancara dan tes praktik. Kuisioner terdiri dari 60 butir pertanyaan yang merujuk kepada kemampuan afektif, kognitif, dan psikomotor bagi kelas kontrol dan tes praktik bagi kelas eksperimen. Data kelas eksperimen selanjutnya dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif, dengan menghitung nilai rata- rata (mean) dan persentase (%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menari kelas III menggunakan Brain Dance berbasis etnopedagogi di kelas III C, memperoleh nilai rata-rata sebesar 2,90 dan persentase sebesar 64,70%. Kemampuan menari berada pada kategori cukup. Kata kunci: kemampuan menari, brain dance, etnopedagogi, kelas iii abstract This research aims to determine the dancing ability of class III using Brain Dance combined with an ethnopedagogical learning approach at SDN 1 Sangat Mider Bandar Lampung. The object of this research is dancing ability, namely before and after being treated with Brain Dance. The subjects of this research were class III students at SDN 1 All Mider Bandar Lampung, totaling 60 students and divided into 30 control class students and 30 experimental class students. This research uses a quantitative descriptive approach with a quasi- experimental type. Data collection was carried out using data collection techniques from questionnaires, interviews and practical tests. The questionnaire consists of 60 questions referring to affective, cognitive and psychomotor abilities for the control class and practical tests for the experimental class. The experimental class data was then analyzed using descriptive statistical techniques, by calculating the average value (mean) and percentage (%). The research results showed that class III dance ability using ethnopedagogy-based Brain Dance in class III C obtained an average score of 2.90 and a percentage of 64.70%. Dancing ability is in the sufficient category. Keywords: ability to dance, brain dance, ethnopedagogy, class iii

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
700 Seni, seni rupa, kesenian
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari
Pengguna Deposit: 2308162920 . Digilib
Date Deposited: 07 Feb 2025 08:29
Terakhir diubah: 07 Feb 2025 08:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/82512

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir