PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN TARI LAMPUNG PADA KURIKULUM MERDEKA DI SMA NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG

Nilam, Cahya (2024) PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN TARI LAMPUNG PADA KURIKULUM MERDEKA DI SMA NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ASBTRAK - Nilam Cahya.pdf

Download (128Kb) | Preview
[img] File PDF
2. Nilam SKRIPSI FULL_ tanpa lampiran - Nilam Cahya.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2311Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. Nilam SKRIPSI TANPA BAB PEMABAHASAN_ - Nilam Cahya.pdf

Download (3018Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian dilakukan untuk mengamati peran guru dalam pembelajaran tari Lampung pada Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 13 Bandar Lampung. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian yaitu wakil kepala bagian kurikulum, guru seni tari dan para peserta didik kelas XI 1 – XI 6 di SMA Negeri 13 Bandar Lampung yang merupakan seluruh subjek dari penelitian. Teknik pengumpulan data dimulai dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini mengacu pada teori Uno&Lametenggo mengenai 6 aspek peran guru. Hasil dari penelitian ini melihat peran guru dalam pembelajaran tari Lampung pada Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 13 Bandar Lampung. Berdasarkan ke-6 aspek peran guru, hanya ada 5 peran yang telah dilaksanakan guru selama 4 pertemuan. Mengikuti capaian pembelajaran unit 1- 4 buku panduan guru di Kurikulum Merdeka. Bahwa peran guru lebih dominan guru sebagai pendidik dan peran yang lainya hanya mengimbangi serta melengkapi saja. Pembelajaran tari mengacu pada penerapan Kurikulum Merdeka materinya berupa tari Lampung dan proses ujianya berupa video yang di unggah di channel youtube. Kata Kunci: Peran Guru, Tari Lampung, Kurikulum Merdeka The research was conducted to observe the role of teachers in learning Lampung dance in the Merdeka Curriculum at SMA Negeri 13 Bandar Lampung. The method used in this research is descriptive qualitative. The data sources in the research were the deputy head of the curriculum department, the dance teacher and students in classes XI 1 – XI 6 at SMA Negeri 13 Bandar Lampung who were all the subjects of the research. Data collection techniques begin with observation, interviews and documentation. The data analysis technique used goes through the stages of data reduction, data presentation, and drawing conclusions. This research refers to Uno&Lametenggo's theory regarding 6 aspects of the teacher's role. The results of this research look at the role of teachers in learning Lampung dance in the Merdeka Curriculum at SMA Negeri 13 Bandar Lampung. Based on the 6 aspects of the teacher's role, there are only 5 roles that the teacher has implemented during the 4 meetings. Follow the learning outcomes of units 1-4 of the teacher's guidebook in the Independent Curriculum. That the teacher's role is more dominant as an educator and the other roles only balance and complement it. Dance learning refers to the application of the Merdeka Curriculum, the material is Lampung dance and the exam process is in the form of videos uploaded to the YouTube channel. Keywords: Teacher's role, Lampung Dance, Independent Curriculum

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
700 Seni, seni rupa, kesenian
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 07 Feb 2025 07:37
Terakhir diubah: 07 Feb 2025 07:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/82561

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir