ADISKA RIZKI, SAPUTRA (2024) PENGARUH e-MODULE BERBANTUAN ANDROID PADA MATERI DESAIN GAMBAR BERBASIS BITMAP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
Abstrak_Adiska Rizki Saputra_2013025009 - Adiska Rizki.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
FULL SKRIPSI_Adiska_Rizki_Saputra_2013025009 - Adiska Rizki.pdf Restricted to Hanya staf Download (1763Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
FULL SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN_Adiska_Rizki_Saputra_2013025009 - Adiska Rizki.pdf Download (1397Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan e-Module berbantuan android terhadap hasil belajar siswa pada ranah kognitif dan psikomotorik dalam materi desain gambar berbasis bitmap, serta respon siswa setelah menggunakan e-Module tersebut. e-Module yang digunakan diintegrasikan dengan model Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini menggunakan metode quasi-experiment dengan desain nonequivalent control group design dan melibatkan 61 siswa kelas X TKJ di SMK Telkom Lampung sebagai sampel. Instrumen yang digunakan meliputi tes pilihan ganda, lembar penilaian praktikum, dan skala tanggapan siswa terhadap penggunaan e-Module. Hasil uji Independent Sample T-test menunjukkan bahwa e-Module berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif (p = 0,002 < 0,05) dan diperkuat oleh hasil uji Analysis of Covariance (Ancova) dengan Adjusted R Squared sebesar 0,333, yang menunjukkan peningkatan hasil belajar kognitif sebesar 33%. Hasil uji Independent Sample T-test untuk hasil belajar psikomotorik juga menunjukkan pengaruh signifikan (p = 0,009 < 0,05) dengan rata-rata nilai kelas eksperimen sebesar 79,72, lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang memperoleh rata-rata 74,72. Respon siswa terhadap penggunaan e-Module menunjukkan rata-rata 81%, yang menandakan bahwa e-Module berbantuan android sangat efektif digunakan dalam pembelajaran desain gambar berbasis bitmap. Kata Kunci: Android, Bitmap, e-Module, Hasil Belajar This study aims to describe the impact of using an Android-assisted e-Module on students' cognitive and psychomotor learning outcomes in bitmap-based graphic design materials, as well as students' responses after using the e-Module. The e- Module used is integrated with the Project Based Learning (PjBL) model. The research method employed is a quasi-experiment with a nonequivalent control group design, involving 61 students from class X TKJ at SMK Telkom Lampung as the sample. The instruments used include multiple-choice tests, practical assessment sheets, and a response scale for students' feedback on the e-Module usage. The results of the Independent Sample T-test for cognitive learning outcomes indicate that the e-Module has a significant effect (p = 0.002 < 0.05), which is further supported by the Analysis of Covariance (Ancova) results showing an Adjusted R Squared of 0.333, indicating a 33% improvement in cognitive learning outcomes. The Independent Sample T-test results for psychomotor learning outcomes also show a significant effect (p = 0.009 < 0.05), with the experimental class averaging 79.72, higher than the control class's average of 74.72. The students' responses to the e-Module usage averaged 81%, indicating that the Android-assisted e-Module for bitmap-based graphic design materials is very effective for learning. Keyword: Android, Bitmap, e-Module, Learning Outcomes
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 600 Teknologi (ilmu terapan) |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Teknologi Informasi |
Pengguna Deposit: | UPT . Dito Nipati |
Date Deposited: | 07 Feb 2025 08:12 |
Terakhir diubah: | 07 Feb 2025 08:12 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/82585 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |