PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PROJEK DENGAN PENDEKATAN STEM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

KENNY CANDRA, PRADANA (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PROJEK DENGAN PENDEKATAN STEM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img] File PDF
FILE TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3996Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
FILE TESIS FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2592Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan menghasilkan multimedia interaktif untuk pembelajaran matematika berbasis projek dengan pendekatan STEM yang valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Desain penelitian menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation) dan dilaksanakan pada kelas VIII, semester ganjil tahun ajaran 2024/2025 SMP Negeri 4 Bandar Lampung. Instrumen pengumpulan data meliputi wawancara, angket, lembar keterlaksanaan pembelajaran, dan tes kemampuan berpikir kritis. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji t-sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan praktis. Kriteria validitas diperoleh dari penilaian ahli materi dengan skor 3,165 (valid) dan ahli media dengan skor 3,425 (sangat valid). Kriteria kepraktisan diperoleh dari penilaian respon siswa dengan skor 3,05 (praktis) dan respon guru dengan skor 3,47 (sangat praktis). Hasil uji hipotesis menunjukkan terdapat perbedaan efektifitas yang signifikan dalam peningkatan kemampuan berpikir kritis antara kelas eksperimen yang menggunakan multimedia interaktif berbasis projek dengan pendekatan STEM dan kelas kontrol yang tidak menggunakan multimedia tersebut. Uji proporsi menunjukkan bahwa lebih dari 60% siswa memiliki kemampuan berpikir kritis yang baik setelah diterapkan PjBL-STEM dengan menggunakan multimedia interaktif. Dengan demikian, multimedia interaktif untuk pembelajaran matematika berbasis projek dengan pendekatan STEM valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2308933267 . Digilib
Date Deposited: 11 Feb 2025 01:28
Terakhir diubah: 11 Feb 2025 01:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/82604

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir