PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERINTEGRASI STEM TERHADAP KREATIVITAS PESERTA DIDIK PADA MATERI BIOTEKNOLOGI

BELLA , SELVI LESTARI (2024) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERINTEGRASI STEM TERHADAP KREATIVITAS PESERTA DIDIK PADA MATERI BIOTEKNOLOGI. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Bella Selvi Lestari.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img] File PDF
FULL SKRIPSI (Tanpa Lampiran Isi).. - Bella Selvi Lestari.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1863Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.. - Bella Selvi Lestari.pdf

Download (958Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terintegrasi STEM terhadap kreativitas peserta didik kelas X di SMAN 1 Belalau. Penelitian ini menggunakan quasy experiment dengan desain penelitian Post test Only Design Control Group. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan teknik purposive sampling, dengan jumlah sampel 20 peserta didik kelas X B sebagai kelas eksperimen dan 20 peserta didik kelas X A sebagai kelas kontrol. Data kreativitas didapatkan dari hasil post-test (dimensi proses) dan juga dilihat dari produk yang dihasilkan (dimensi produk) sedangkan penggunaan angket digunakan untuk mengetahui tanggapan peserta didik tentang pembelajaran menggunakan PjBL terintegrasi STEM. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa skor rata-rata presentase sebesar 75,95 dengan kriteria “sedang” pada kelas eksperimen dan 44,3 dengan kriteria “rendah” pada kelas kontrol. Hasil uji hipotesis menggunakan Mann-Whitney didapatkan nilai sig. (2-tailed) 0,001<0,05 yang artinya H0 ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PjBL terintegrasi STEM berpengaruh signifikan terhadap kreativitas peserta didik. Kreativitas dimensi proses tertinggi berada pada indikator Flexibelity, sedangkan pada dimensi produknya yang paling tertinggi yaitu indikator Rosulution. Berdasarkan perolehan hasil angket respon peserta didik didapatkan rata-rata 92,7 % berpendapat bahwa pembelajaran menggunakan model PjBL terintegrasi STEM dapat meningkatkan pemahaman materi saat proses pembelajaran. Kata Kunci: Bioteknologi; Kreativitas; PjBL Terintegrasi STEM.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 08 Feb 2025 04:02
Terakhir diubah: 08 Feb 2025 04:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/82658

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir