ABSTRAK STRATEGI KOMUNIKASI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PRINGSEWU DALAM MENSOSIALISASIKAN KTP ELEKTRONIK (e-KTP)

0616031047, REZA ANSORI (2011) ABSTRAK STRATEGI KOMUNIKASI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PRINGSEWU DALAM MENSOSIALISASIKAN KTP ELEKTRONIK (e-KTP). UNSPECIFIED.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak Indonesia - Rean.pdf

Download (152Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Abstrak Inggris - Rean.pdf

Download (11Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK STRATEGI KOMUNIKASI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PRINGSEWU DALAM MENSOSIALISASIKAN KTP ELEKTRONIK (e-KTP) Oleh REZA ANSORI KTP Elektronik (e-KTP) merupakan program nasional dalam bidang administrasi kependudukan yang dikeluarkan oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia pada tahun 2011. Program ini bertujuan untuk menanggulangi permasalahan dalam bidang administrasi kependudukan, yakni permasalahan KTP ganda dan KTP palsu. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil merupakan kelompok kerja di tingkat kabupaten yang berfungsi sebagai sumber informasi dan fasilitator dalam penerapan program KTP Elektronik (e-KTP). Sebagai program baru, KTP Elektronik membutuhkan upaya serius dan sistematis dalam mensosialisasikannya kepada masyarakat, terutama di Kabupaten Pringsewu yang merupakan Daerah Otonomi Baru (DOB) yang termasuk ke dalam 197 kabupaten/kota se-Indonesia sebagai proyek percontohan untuk menerapkan KTP Elektronik pada tahun 2011. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana strategi komunikasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pringsewu dalam mensosialisasikan KTP Elektronik (e-KTP)?”. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis strategi komunikasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pringsewu dalam mensosialisasikan KTP Elektronik di Kabupaten Pringsewu. Beberapa indikator yang menjadi fokus dalam penelitian ini, yaitu proses perencanaan, manajerial dan taktik operasional dalam pelaksanaan sosialisasi KTP Elektronik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Penentuan informan dengan menggunakan teknik key person (informan kunci) dan teknik Purposive Sampling. Informan penelitian ini ada lima. Mereka adalah para panitia pelaksana kegiatan sosialisasi KTP Elektronik (e-KTP). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa strategi komunikasi yang diterapkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pringsewu dalam mensosialisasikan KTP Elektronik (e-KTP) dengan melakukan kegiatan perencanaan sosialisasi secara terkoordinasi dan sistematis sebagai rancangan pelaksanaan kegiatan sosialisasi KTP Elektronik (e-KTP). Kegiatan perencanaan sosialisasi terdiri dari beberapa langkah komunikasi, yakni; pengenalan sasaran, perancangan pesan, penentuan tujuan pesan, pemilihan media komunikasi, dan pemahaman peran komunikator. Langkah-langkah komunikasi tersebut dikomunikasikan dan dikoordinasikan dalam rapat antarpanitia pelaksana kegiatan sosialisasi KTP Elektronik (e-KTP). Pelaksanaan kegiatan sosialisasi KTP Elektronik (e-KTP) yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pringsewu menggunakan dua metode komunikasi, yaitu; komunikasi tatap muka dan komunikasi media. Komunikasi tatap muka atau komunikasi kelompok dilakukan dengan cara dialog (tanya jawab) terhadap perangkat kecamatan, perangkat desa, tokoh masyarakat dan tokoh agama. Komunikasi media atau komunikasi massa dilakukan dengan menggunakan media cetak dan elektronik, seperti; Surat Kabar Tribun Lampung, Surat Kabar Radar Lampung, Surat Kabar Radar Tanggamus, Radio Pemda Pringsewu, Radio Sabaputra, Billboard, Baliho, Spanduk dan Brosur. Dari indikator tolak ukur keberhasilan sosialisasi e-KTP, yakni persentase jumlah perekaman e-KTP yang mencapai 76.09 % jiwa wajib KTP, maka dapat disimpulkan bahwa strategi komunikasi yang diterapkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pringsewu, baru dalam kategori cukup berhasil dan strateginya pun cukup baik. Namun, terdapat kelemahan dari segi perencanaan komunikasinya, yakni: tidak adanya segmentasi dan prioritas khalayak sasaran; isi pesan sosialisasi kurang persuasif; tujuan pesan kurang spesifik; media sosialisasi, seperti spanduk, baliho, dan billboard, jumlahnya hanya sedikit; dan komunikator individu kurang representatif. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pringsewu adalah sumber informasi dan fasilitator dalam penerapan program KTP Elektronik (e-KTP) di Kabupaten Pringsewu, serta berperan sebagai panitia pelaksana kegiatan sosialisasi KTP Elektronik (e-KTP) di Kabupaten Pringsewu. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Sosialisasi, KTP Elektronik (e-KTP). Abstract COMMUNICATIONS STRATEGY ON CIVIL DEPARTMENT IN REGENCY PRINGSEWU TO SOCIALIZE ELECTRONIC IDENTITY CARD (e-ID) By REZA ANSORI Electronic Identity Card (e-ID) is a represent of the national program in the field of administration in society realesed by Domestic Ministry of Republic of Indonesia in the year 2011. This program aim to overcome the administration citizenship problem, that can be seen in double problems of Identity Card (ID) and spurious ID. The Civil Department is a group of work in a region that has function as a source of information and facilitate in implementing Electronic Identity Card program. As a new program, this program need seriously and systematically efforts to socialize toward society especially in Regency Pringsewu. Pringsewu representing Autonomous Area Newly which is the inclusive of 197 regencies in Indonesia as pilot project to apply the Electronic Identity Card in the year 2011. The Formulation of problem of this research is " How is communications strategy on Civil Department in Pringsewu socializing Electronic Identity Card (e-ID)?". The purpose of this research to know and describe also analyze the communications strategy of Civil Depertment of Regency Pringsewu in socializing Electronic Identity Card in Pringsewu. Some indicators are becoming focus in this research, that is process of planning, managing and operating techniques in execution of socialization of Electronic Identity Card. Methodology used in this research is have the character of descriptive with the qualitative approach. The data collecting techniques of this research use the technique interview and documentation. Informant determination by using technique of key person and technique of purposive sampling. There are five informants in this research. They are the committee of Electronic Identity Card. According to the result of the research it has conclusion that communications strategy are applied in socializing Electronic Identity Card (e-ID) by Civil Department in Pringsewu finally it has been coordinative and effectively to apply. The activities of socialization planning are consisted by some communications steps; target recognition, scheme order the target determination order the election of communications media, and understanding of communicator role. The Communications stages; steps communicated and coordinated in meeting of inter-committee of socializing Electronic Identity Card (e-ID). Execution of the activities of socialization of Electronic Identity Card (e-ID) conducted by Civil Department in Pringsewu use two kinds of communications method, they are; communications face to face and communications of media. Face to face communication or group communications are dialogued (question and answer) toward peripheral, countryside peripheral, elite figure and religion figure. The communications of media or mass communications are done by using media printing and electronic, such as; Tribun Lampung, Radar Lampung, Radar Tanggamus, Local Government Radio, Sabaputra Radio, Billboard, Ballyhoo, Banner And Brochure. From basic stick indicators efficacy of socialization Electronic Identity Card (e-ID), that in form of percentage amount of the recording e-ID until 76.09 % person obliged, it can concluded that conclusion is a communication strategy applied by Local Civil Department in Pringsewu, newly it can be good enough categorized and it has good strategy. But, there are weakness from its communications planning, they are namely: inexistence of segmentation and priority of target in society; the content of socialization message less of persuasively approach; message target less be specific; socialization of media, like banner, ballyhoo, and billboard, its amount only a few; and individual communicator that less of representatively. In Civil Department of Pringsewu is source of information and facilitator in applying program the Electronic Identity Card (e-ID), and also personating of committee of activity in socialization of Electronic Identity Card (e-ID) in Pringsewu. Key words: Communication strategy, Socialization, Electronic Identity Card (e-ID).

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Administrasi Negara
Pengguna Deposit: UPT Anita Ekarini
Date Deposited: 16 Apr 2015 06:09
Terakhir diubah: 20 Oct 2015 07:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/8277

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir