PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREAT AND SHARE (SSCS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS IX SMA NEGERI 1 SEPUTIH RAMAN

JIHAN , APRIYANTI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREAT AND SHARE (SSCS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS IX SMA NEGERI 1 SEPUTIH RAMAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Jihan Apriyanti.pdf

Download (270Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - Jihan Apriyanti.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1844Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Jihan Apriyanti.pdf

Download (1290Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Model pembelelajaran mengacu pada pendekatan yang digunakan termasuk didalamnya tujuan pembelajaran, tahap pembelajaran, lingkungan pembelajaran dan pengelolaan kelas. Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada era globalisasi menuntut peningkatan sumber daya manusia yang intelektual, memiliki keterampilan berpikir kritis, dan kemampuan pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Searc, Solve, Create and Share (SSCS) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Geografi kelas XI di SMA Negeri 1 Seputih Raman. Metode penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan pendekatan Two Group Pretest-Posttest design. Responden yang terlibat sebanyak 72 peserta didik kelas XI.6 dan XI.7. Teknik pengumpulan data menggunakan cara tes dan juga dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis pada peserta didik pada kelas kontrol dan kelas eksperimen memiliki selisih sebesar 7%. Model pembelajaran SSCS sangat berpengaruh terhadap kemampuan berpikir keritis pada peserta didik. Pada tahap Create menunjukkan bahwa peserta diidk memiliki kekampuan berpikir kritis. Kata Kunci : Model, Pembelajaran, SSCS, Berpikir, Kritis ABSTRACT THE INFLUENCE OF THE SEARCH, SOLVE, CREAT AND SHARE (SSCS) LEARNING MODEL ON CRITICAL THINKING ABILITY IN CLASS IX GEOGRAPHY SUBJECTS SEPUTIH RAMAN STATE 1 HIGH SCHOOL JIHAN APRIYANTI The learning model refers to the approach used including learning objectives, learning stages, learning environment and classroom management. The rapid development of science and technology in the era of globalization demands an increase in human resources who are intellectual, have critical thinking skills and problem solving abilities. The aim of this research is to determine the effect of the Searc, Solve, Create and Share (SSCS) learning model on students' critical thinking abilities in class XI Geography at SMA Negeri 1 Seputih Raman. This research method uses quasi-experiment with a Two Group Pretest-Posttest design approach. The respondents involved were 72 students in classes XI.6 and XI.7. Data collection techniques use tests and documentation. The results of the research show that the critical thinking skills of students in the control class and experimental class have a difference of 7%. The SSCS learning model has a great influence on students' critical thinking abilities. The Create stage shows that students have critical thinking skills. Keywords: Learning, Model, SSCS, Critical, Thinking

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
900 Sejarah dan Geografi > 910 Geografi dan perjalanan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 11 Feb 2025 03:07
Terakhir diubah: 11 Feb 2025 03:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/82831

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir