ANALISIS PERCAKAPAN MATEMATIS SISWA DAN GURU PADA PEMBELAJARAN STATISTIKA

Aulya Indah, Noor Amir (2025) ANALISIS PERCAKAPAN MATEMATIS SISWA DAN GURU PADA PEMBELAJARAN STATISTIKA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (189Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2769Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2878Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis percakapan matematis siswa dan guru pada pembelajaran statistika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah enam siswa kelas VII-A SMP Negeri 26 Bandar Lampung tahun pelajaran 2022/2023 yang dikelompokkan berdasarkan kemampuan matematis mereka yaitu tinggi, sedang, dan rendah, dengan masing-masing kelompok terdiri dari dua siswa. Data yang dikumpulkan berupa data kualitatif mengenai percakapan matematika yang diperoleh melalui observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis tematik. Hasil penelitian memperoleh proporsi percakapan didominasi oleh kategori Teacher Intervention sebesar 51,09%. Tipe percakapan kategori Teacher Intervention, ditemukan (1) question to elicit student thinking (24,11%), (2) question to extend student thinking (4,58%), (3) closed progress details (49,26%), (4) point out recap (10,35%), (5) give instruction (6,36%), (6) simplification (2,21%), (7) request assessment from other student (3,10%). Tipe percakapan kategori Student Intervention, ditemukan (1) explain action (20,24%), (2) explain reason (4,6%), (3) challenging (7,88%), (4) response to closed progress details (53,78%), (5) correct but partial (1,08%), (6) wrong answer (2,00%), (7) sharing (1,23%). Keikutsertaan dalam percakapan ditemukan siswa AT1 paling banyak muncul dengan frekuensi 59 kali atau 42,14%.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2308501974 . Digilib
Date Deposited: 11 Feb 2025 04:56
Terakhir diubah: 11 Feb 2025 04:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/82882

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir