Sintia , Maharani (2025) TINDAK TUTUR EKSPRESIF DALAM NOVEL RANKING 1 KARYA SARA TEE DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (130Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2417Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN.pdf Download (2135Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah tindak tutur ekspresif dalam novel Ranking 1 karya Sara Tee dan implikasinya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tindak tutur ekspresif dalam novel Ranking 1 karya Sara Tee dan implikasinya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik baca dan catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik heuristik. Sumber data penelitian ini adalah novel Ranking 1 karya Sara Tee. Data dalam penelitian ini adalah tuturan para tokoh dalam dialog novel Ranking 1 karya Sara Tee yang memuat tindak tutur ekspresif. Adapun tuturan tersebut disampaikan dengan dua bentuk yang berbeda, yaitu secara langsung dan tidak langsung. Hasil penelitian menunjukkan dalam novel Ranking 1 karya Sara Tee, terdapat tindak tutur ekspresif dengan fungsi komunikasi berterima kasih, memberi selamat, meminta maaf, menyalahkan, dan memuji. Fungsi komunikasi yang paling dominan adalah tindak tutur menyalahkan. Ditinjau berdasarkan kelangsungan tuturannya, terdapat tindak tutur yang disampaikan secara langsung dan tidak langsung. Hasil penelitian ini diimplikasikan dalam bentuk contoh dialog teks drama yang disajikan dalam LKPD pada materi Bahasa Indonesia Bab 7 “Mengembangkan Apresiasi Drama Bertema Pendidikan” pada CP Fase F, elemen menulis dengan Profil Pelajar Pancasila yang terkait adalah kreatif, serta tujuan pembelajaran menciptakan teks drama. Kata Kunci: tindak tutur ekspresif, kelangsungan, novel ranking 1, pembelajaran The problem in this research is how expressive speech acts are portrayed in the novel Ranking 1 by Sara Tee and their implications in Indonesian language learning in high school. The purpose of this study is to describe the expressive speech acts in the novel Ranking 1 by Sara Tee and their implications in Indonesian language learning at the high school level. This study uses a qualitative descriptive method. The data collection technique used in this research is the reading and note-taking technique. The data analysis technique employed is the heuristic technique. The data source for this research is the novel Ranking 1 by Sara Tee. The data in this study are the utterances of the characters in the dialogues of the novel Ranking 1 by Sara Tee that contain expressive speech acts. These utterances are conveyed in two different forms, namely directly and indirectly. The results of this study show that in the novel Ranking 1 by Sara Tee, there are expressive speech acts with communication functions such as thanking, congratulating, apologizing, blaming, and praising. The most dominant communication function is the speech act of blaming. In terms of the continuity of the utterances, some are conveyed directly, while others are indirect. The results of this study are implemented in the form of dialogue examples for drama texts presented in the LKPD (Student Worksheet) on the Indonesian language material in Chapter 7, "Developing Appreciation of Educational-Themed Dramas" in the Fase F Curriculum, with the writing element related to the Pancasila Student Profile being creativity. The learning objective is to create drama texts. Keywords: expressive speech acts, continuity, ranking 1 novel, learning
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 400 Bahasa 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | 2308200841 . Digilib |
Date Deposited: | 12 Feb 2025 01:32 |
Terakhir diubah: | 12 Feb 2025 01:32 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/82941 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |