Yuliadini, Az Zahra (2024) HUBUNGAN PEER PRESSURE DENGAN SELF IDENTITY PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KALIANDA TAHUN AJARAN 2023/2024. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
Abstrak - Yuliadini Azzahra.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
Skripsi full tanpa lampiran - Yuliadini Azzahra.pdf Restricted to Hanya staf Download (3645Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
Skripsi full tanpa bab 4 dan lampiran - Yuliadini Azzahra.pdf Download (3437Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah self identity yang rendah pada siswa karena pengaruh peer pressure. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan peer pressure dengan self identity pada siswa SMA Negeri 1 Kalianda tahun pelajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini sebanyak 409 siswa dengan sampel sebanyak 105 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik analisis data menggunakan Corelasi Product Moment. Pengumpulan data menggunakan Skala Peer Pressure dan Self Identity. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan positif antara peer pressure dengan self identity siswa yang ditunjukan dengan indeks korelasi rhitung = 0,340 > rtabel 0,192 pada taraf sig p = 0,001 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima menunjukan bahwa hasil dari penelitian ini terdapat hubungan yang berarah positif antara peer pressure dengan self identity pada siswa SMA Negeri 1 Kalianda. Hal ini berarti jika peer pressure semakin tinggi maka akan semakin kuat identitas diri pada siswa, begitupun sebaliknya, semakin rendah peer pressure maka akan semakin rendah pula self identity. Kata Kunci : bimbingan konseling, peer pressure, self identity The problem in this research is students' low self-identity due to the influence of peer pressure. This research aims to determine the relationship between peer pressure and self-identity among students at SMA Negeri 1 Kalianda for the 2023/2024 academic year. The research method used is a correlational approach. The population of this study was 409 students with a sample of 105 students taken using cluster random sampling techniques. The data analysis technique uses Product Moment Correlation. Data collection uses the Peer Pressure and Self Identity Scale. The results of the research show that there is a relationship between peer pressure and student self-identity as shown by the correlation index rcount = 0.340 > rtable 0.192 at the sig p = 0.001 <0.05 level, so H0 is rejected and Ha is accepted, indicating that the results of this research have a positive direction relationship Between peer pressure and self-identity among students at SMA Negeri 1 Kalianda. This means that the higher the peer pressure, the stronger the student's self-identity, and vice versa, the lower the peer pressure, the lower the self-identity. Keywords: counseling guidance, peer pressure, self identity
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 11 Feb 2025 06:31 |
Terakhir diubah: | 11 Feb 2025 06:31 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/82957 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |