EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI KOLOID

ROSYA, MAYOLA (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI KOLOID. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (144Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3411Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2333Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran flipped classroom dalam meningkatkan keterampilan proses sains pada materi koloid. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi-experimental dengan pretest˗posttest control grup design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPA MAN 2 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2023/2024. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, sehingga terpilih kelas XI IPA 5 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata˗ rata n˗Gain keterampilan proses sains di kelas eksperimen sebesar 0,71 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 0,45. Hasil pengujian hipotesis dengan uji Independent Sample T˗test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata˗rata n˗Gain yang signifikan antara kelas eksperimen yang menerapkan model flipped classroom dan kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran konvensional, sehingga model pembelajaran flipped classroom efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains pada materi koloid. Kata kunci: flipped classroom, keterampilan proses sains, koloid

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2013023021 Mayola Rosya
Date Deposited: 12 Feb 2025 01:39
Terakhir diubah: 12 Feb 2025 01:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/82979

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir