Wansri , Citra Rumondang (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN VISUALISASI DAN PRAKTIK TERHADAP KECEPATAN RENANG GAYA BEBAS PADA ANAK USIA 10-13 TAHUN DI CLUB SIGER SEMBILAN SWIMMING LESSONS BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
FILE ABSTRAK WANSRI CITRA - WANSRI CITRA RUMONDANG.pdf Download (369Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
FILE SKRIPSI TANPA LAMPIRAN WANSRI FIKS - WANSRI CITRA RUMONDANG.pdf Restricted to Hanya staf Download (4Mb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
FILE FULL SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN & LAMPIRAN WANSRI CITRA R - WANSRI CITRA RUMONDANG.pdf Download (2095Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran visualisasi dan praktik terhadap kecepatan renang gaya bebas pada anak usia 10-13 tahun di Club Siger Sembilan Swimming Lessons Bandar Lampung. Metode yang digunakan adalah eksperimen, dengan desain penelitian pre test-post test design. Sampel digunakan sebanyak 30 anak yang dibagi menjadi dua kelompok dengan teknik ordinal pairing. Instrumen yang digunakan adalah tes kecepatan renang gaya bebas 25 meter. Teknik analisis data menggunakan tes dan pengukuran yaitu analisis uji t dengan α = 0,05, melalui uji prasyarat, uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat diambil suatu kesimpulan bahwa: 1) Ada pengaruh yang signifikan dari pembelajaran visualisasi dan praktik terhadap kecepatan renang gaya bebas dengan nilai thitung = 8,936 > ttabel = 2,145. 2) Ada pengaruh pembelajaran non visualisasi dan praktik terhadap kecepatan renang gaya bebas, dengan nilai thitung = 5,121 > ttabel = 2,145. 3) Tidak ada perbedaan yang signifikan antara pembelajaran visualisasi dan praktik dengan non visualisasi pada anak usia 10-13 tahun di Club Siger Sembilan Swimming Lessons Bandar Lampung, dengan nilai thitung = 1,913 < ttabel= 2,048. Kata Kunci: pembelajaran visualisasi dan praktik, renang gaya bebas. The aim of this research is to determine the effect of visualization and practice learning on freestyle swimming speed in children aged 10–13 years at Club Siger Sembilan Swimming Lessons Bandar Lampung. The method used is experimental, with a pre-test-post-test research design. The sample used was 30 children, who were divided into two groups using the ordinal pairing technique. The instrument used was a 25-meter freestyle swimming speed test. The data analysis technique uses tests and measurements, namely t test analysis with α = 0.05, through prerequisite tests, normality tests, and homogeneity tests. Based on the results of the research that has been carried out, a conclusion can be drawn that: 1) There is a significant influence of visualization learning and practice on freestyle swimming speed, with a value of tcount = 8.936 > ttable = 2.145. 2) There is an influence of non-visualization learning and practice on freestyle swimming speed, with a value of tcount = 5.121> ttable = 2.145. 3) There is no significant difference between visualization and practice learning and non-visualization in children aged 10–13 years at Club Siger Sembilan Swimming Lessons Bandar Lampung, with a value of tcount = 1.913 < ttable = 2.048. Keywords: freestyle swimming, visualization and practice learning.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 11 Feb 2025 07:24 |
Terakhir diubah: | 11 Feb 2025 07:24 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/82999 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |