EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN SIMULASI PhET DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL SISWA PADA MATERI BENTUK MOLEKUL

Yulia, Anggraini (2025) EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN SIMULASI PhET DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL SISWA PADA MATERI BENTUK MOLEKUL. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (223Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI TANPA LAMPIRAN.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3132Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN DAN LAMPIRAN.pdf

Download (2289Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model discovery learning berbantuan simulasi PhET dalam meningkatkan kemampuan spasial siswa pada materi bentuk molekul. Penelitian ini menggunakan desain non-equivalent pretes posttest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Mancak tahun ajaran 2024/2025. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling diperoleh kelas XI-8 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-2 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua rata-rata dengan uji Mann Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-gain kelas eksperimen sebesar 0,56 atau berkategori sedang, sementara kelas kontrol sebesar 0,36 atau berkategori sedang. Hasil uji Mann Whitney U menunjukkan bahwa rata-rata n-gain kemampuan spasial siswa kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan dibandingkan rata-rata n-gain kelas kontrol pada materi bentuk molekul. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa model discovery learning berbantuan simulasi PhET efektif dalam meningkatkan kemampuan spasial siswa pada materi bentuk molekul. Kata kunci: model discovery learning berbantuan simulasi PhET, bentuk molekul, kemampuan spasial

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2308555003 . Digilib
Date Deposited: 12 Feb 2025 01:47
Terakhir diubah: 12 Feb 2025 01:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/83025

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir