ANALISIS STRATEGI SEGMENTING TARGETING POSITIONING PADA PRODUK SISTEM PENYEDIAAN AIR MINUM (STUDI KASUS PADA PERUMDA AIR MINUM WAY RILAU KOTA BANDAR LAMPUNG)

Indah , Syakina Dewi (2024) ANALISIS STRATEGI SEGMENTING TARGETING POSITIONING PADA PRODUK SISTEM PENYEDIAAN AIR MINUM (STUDI KASUS PADA PERUMDA AIR MINUM WAY RILAU KOTA BANDAR LAMPUNG). SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK Indah Syakina Dewi.pdf

Download (72Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - Indah Syakina Dewi.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Indah Syakina Dewi.pdf

Download (5Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Perusahaan Umum Daerah (PERUMDA) Air Minum Way Rilau merupakan BUMD yang memiliki usaha di sektor distribusi air bersih, sehingga perusahaan ini bergerak di sektor pelayanan jasa dan produk dengan standar kesehatan secara merata. Salah satu upaya untuk menjadikan perusahaan air bersih adalah dengan segmentasi, targeting dan positioning. Segmentasi, Targeting, dan Positioning merupakan metode untuk menganalisis kekuatan internal dan eksternal perusahaan sehingga perusahaan dapat mencapai tujuaannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan wawancara dan observasi untuk mendapatkan hasil penelitian yang rinci, dengan sumber data primer. Hasil penelitian menunjukkan segmentasi yang dilakukan oleh PERUMDA Air Minum Way Rilau terhadap produk air siap minum yaitu Segmentasi berdasarkan Geografis, meliputi 8 wilayah kota Bandar Lampung. Segmentasi berdasarkan Demografis yaitu dilihat dari penghasilan, jenis kelamin, pendidikan, dan usia konsumen. Segmentasi berdasarkan Psikografis, sengmentasi perusahaan ini melihat dari gaya hidup konsumennya yang selalu mengikuti perkembangan. Segmentasi berdasarkan Perilaku, konsumen lebih banyak menggunakan produk air reguler dikarenakan produk ini sudah lama dan banyak digunakan pemakaiannya. Targeting yang dilakukan oleh PERUMDA Air Minum Way Rilau terhadap produk air KPBU SPAM yaitu berfokus pada 2 wilayah green area sukabumi dan sukarame yang memang belum terjangkau. Positioning yang dilakukan oleh PERUMDA Air Minum Way Rilau terhadap produk air KPBU SPAM ada tiga klasifikasi yaitu positioning berdasarkan produk, pesaing, dan konsumen. Kata Kunci: Segmenting Targeting Positioning, Sistem Penyediaan Air Minum, Strategi The Way Rilau Regional Public Company (PERUMDA) drinking water is a BUMD which has a business in the clean water distribution sector, so this company operates in the service and product sector with uniform health standards. One way to initiate make a clean water company is through segmenting, targeting, and positioning. Segmenting, targeting and positioning are methods for analyzing a company’s internal and external strengths so that the company can achieve its goals. This research uses a descriptive qualitative approach with interviews and observations to obtain detailed research results, using primary data sources. The results of the research show that the segmenting carried out by PERUMDA Air Minum Way Rilau for ready-to-drink water products is segmentation based on Geographic, covering 8 areas of the city of Bandar Lampung. Segmentation based on demographics, namely looking at consumers' income, gender, education and age. Segmentation based on psychographics, this company's segmentation looks at the lifestyle of its consumers who always follow developments. Segmentation based on behavior, consumers use more regular water products because this product has been around for a long time and is widely used. The targeting carried out by PERUMDA Air Minum Way Rilau for PPP SPAM water products is focusing on 2 green areas Sukabumi and Sukarame which are not yet reached. There are three classifications carried out by PERUMDA Air Minum Way Rilau regarding PPP SPAM water products, namely positioning based on product, competitors and consumers. Keyword: Segmenting Targeting Positioning, Drinking Water Supply Systems, Strategy

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Administrasi Bisnis
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 12 Feb 2025 04:13
Terakhir diubah: 12 Feb 2025 04:13
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/83209

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir