EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE CONNECTED BERBASIS MODEL GUIDED INQUIRY DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) PESERTA DIDIK

Berliana, Putri (2024) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE CONNECTED BERBASIS MODEL GUIDED INQUIRY DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - Berliana Putri.pdf

Download (124Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL Berliana Putri.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2268Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Rocket Digital.pdf

Download (1581Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan pembelajaran IPA terpadu tipe Connected berbasis model guided inquiry dalam meningkatkan KPS peserta didik. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik MTs MA Cintamulya kelas VII-1 dan VII-2 yang berjumlah 58 orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data hasil pretest, posttest, N-Gain dan tanggapan peserta didik. Hasil analisis independent sample t test menunjukkan nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara KPS peserta didik yang menggunakan pembelajaran IPA terpadu tipe Connected berbasis model guided inquiry dan pembelajaran konvensional. Perbedaan signifikan pada peningkatan KPS peserta didik terlihat dari hasil perhitungan nilai rata-rata N- Gain peserta didik yaitu sebesar 0,8 (kategori tinggi) pada kelas eksperimen dan pada kelas kontrol sebesar 0,5 (kategori sedang). Besarnya pengaruh pembelajaran IPA terpadu tipe Connected berbasis model guided inquiry dalam meningkatkan KPS peserta didik terlihat dari perhitungan effect size yaitu sebesar 3,00 dengan kategori efek besar. Dengan demikian, pembelajaran IPA terpadu tipe Connected berbasis model guided inquiry memiliki efektivitas yang besar dalam meningkatkan KPS peserta didik. Selain itu, peserta didik juga memberikan tanggapan yang baik terhadap penggunaan pembelajaran IPA terpadu tipe Connected berbasis model guided inquiry dengan nilai rata-rata jawaban “Ya” sebesar 94,1%. Kata kunci: Connected, Efektivitas, Inquiry, Keterampilan Proses Sains (KPS), Tanggapan Peserta Didik.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 12 Feb 2025 04:38
Terakhir diubah: 12 Feb 2025 04:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/83228

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir