PENGARUH PENGGUNAAN LKPD ELEKTRONIK BERBASIS ETNOSAINS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENSTIMULUS KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI GELOMBANG BUNYI

Cahya , Nur Candini (2024) PENGARUH PENGGUNAAN LKPD ELEKTRONIK BERBASIS ETNOSAINS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENSTIMULUS KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI GELOMBANG BUNYI. KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - Cahya Nur Candini.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - Cahya Nur Candini.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2450Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Rocket Digital.pdf

Download (1788Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pembelajaran sains masih terbilang rendah disebabkan tolak ukur keberhasilan pendidikan di sekolah masih difokuskan pada segi konsep, mengasah aspek mengingat dan memahami, serta kurang melatih keterampilan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan LKPD elektronik berbasis etnosains dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk menstimulus keterampilan proses sains peserta didik pada materi gelombang bunyi. Pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan kelas XI IPA 3 MAN 1 Lampung Timur yang berjumlah 31 orang. Desain penelitian menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatan keterampilan proses sains peserta didik dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,69 kategori sedang. Hasil Paired Simple T-Test diperoleh bahwa terdapat perbedaan terhadap keterampilan proses sains peserta didik sebelum dengan sesudah dilakukan pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa praktikum menggunakan LKPD elektronik berbasis etnosains dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh untuk menstimulus keterampilan proses sains peserta didik pada materi gelombang bunyi. Kata kunci: Etnosains; Keterampilan Proses Sains; Inkuiri Terbimbing.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 12 Feb 2025 07:58
Terakhir diubah: 12 Feb 2025 07:58
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/83242

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir