PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI ILMIAH DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL PESERTA DIDIK

NIKEN , TRI KUSUMA (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI ILMIAH DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Abstraks - niken trikusuma25.pdf

Download (178Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi Lengkap Tanpa Lampiran - niken trikusuma25.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2645Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi Tanpa Pembahasan - niken trikusuma25.pdf

Download (2492Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada peningkatan keterampilan komunikasi ilmiah peserta didik yang signifikan setelah menggunakan model problem based learning serta mengetahui ada perbedaan peningkatan keterampilan komunikasi ilmiah peserta didik dengan kemampuan awal tinggi, sedang dan rendah setelah menggunakan model problem based learning. Sampel yang digunakan, yaitu peserta didik kelas X7 dan X10 yang tergabung menjadi satu kelas besar MAN 1 Lampung Tengah Tahun Ajaran 2023/2024. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest Posttest Design. Instrumen penelitian yang digunakan, yaitu lembar tes pretest dan posttest yang terdiri dari 6 soal uraian keterampilan komunikasi ilmiah. Uji hipotesis menggunakan uji Paired Sample T-test dan uji one way anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata nilai pretest dan posttest peserta didik, yang mana nilai posttest lebih tinggi dibandingkan dengan nilai pretest, sehingga dapat dinyatakan bahwa ada peningkatan keterampilan komunikasi peserta didik. Selain itu, diperoleh nilai uji one way anova lebih besar dari 0,05 menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan N-Gain keterampilan komunikasi ilmiah peserta didik antara kemampuan awal tinggi, sedang dan rendah. Kata kunci: keterampilan komunikasi ilmiah; model problem based learning; kemampuan awal

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 12 Feb 2025 05:22
Terakhir diubah: 12 Feb 2025 05:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/83248

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir