Pebriani, 0743024043 (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP OLEH SISWA PADA MATERI TAHAPAN PERKEMBANGAN MANUSIA (Studi Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 1 Banjit Tahun Pelajaran 2013/2014). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (74Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (30Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (127Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (109Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (77Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (43Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (142Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (59Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (76Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (104Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (184Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV .pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (438Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (41Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (47Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Hasil observasi di kelas VIII SMP Negeri 1 Banjit Way Kanan, diketahui bahwa hasil belajar siswa masih rendah. Oleh karena itu, diperlukan solusi untuk meningkatkan aktivitas dan penguasaan konsep oleh siswa, salah satunya dengan menggunakan model Think Pair Share (TPS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran TPS terhadap aktivitas dan penguasaan konsep oleh siswa. Penelitian ini merupakan studi eksperimental dengan desain pretest-postest non equivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII A danVIII C yang dipilih dari populasi dengan teknik purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretest-postest dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji U. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa, dan angket tanggapan siswa terhadap penggunaan model TPS yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa rata-rata berkriteria tinggi yaitu 79,17 %, hal ini juga terlihat dari peningkatan untuk semua aspek yang diamati yaitu aspek mengemukakan ide atau pendapat berkriteria tinggi (76,51%), bekerja sama dalam tim berkriteria tinggi (81,26%), dan mempresentasikan kegiatan kelompok berkriteria tinggi (78,85%). Penguasaan konsep oleh siswa juga mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai pretest (40,46), postest (79,06), N-gain (60,45). Selain itu, semua siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model TPS. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model TPS berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas dan penguasaan konsep siswa. Kata kunci : aktivitas belajar, TPS, penguasaan konsep, tahapan perkembangan manusia
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 5301599 . Digilib |
Date Deposited: | 14 Apr 2015 09:26 |
Terakhir diubah: | 14 Apr 2015 09:26 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/8342 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |