Ayu Amalia, 0743024011 (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI POKOK DUNIA TUMBUHAN (Kuasi Eksperimental pada Siswa Kelas X Semester Genap SMA PGRI 1 Terbanggi Besar Tahun Pelajaran 2013/2014). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (23Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (119Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (98Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (53Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (46Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (113Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (75Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (322Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (399Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (55Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran TGT dengan media kartu bergambar terhadap aktivitas belajar dan penguasaan materi oleh siswa. Desain penelitian adalah pretes-postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X1 dan X2 yang dipilih secara purposive sampling. Data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa data aktivitas belajar yang diperoleh melalui lembar observasi, dan data tanggapan siswa diperoleh melalui angket, kemudian dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif berupa penguasaan materi oleh siswa diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain, kemudian dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan uji-U pada taraf kepercayaan 5% melalui program SPSS 17. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata aktivitas belajar yaitu 80,16% dengan berkriteria tinggi. Peningkatan tampak juga pada semua aspek aktivitas belajar siswa yang diamati, yaitu mengemukakan pendapat (76,19%); mengajukan pertanyaan (77,78%); bekerja sama dengan teman (84,13%); dan bertukar informasi (82,54%). Rata-rata N-gain penguasaan penguasaan materi pada indikator C1 sebesar 92,86±17,93; dan indikator C3 sebesar 32,71±27,79 tidak berbeda signifikan. Sedangkan indikator C2 sebesar 86,54±24,13 berbeda signifikan. Dengan demikian, model pembelajaran TGT dengan media kartu bergambar dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, namun tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan penguasaan materi Dunia Tumbuhan. Kata kunci: Aktivitas belajar, Penguasaan materi, TGT, Kartu bergambar, Dunia tumbuhan
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 6796178 . Digilib |
Date Deposited: | 14 Apr 2015 09:08 |
Terakhir diubah: | 14 Apr 2015 09:08 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/8343 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |