PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI POKOK DUNIA TUMBUHAN (Kuasi Eksperimental pada Siswa Kelas X Semester Genap SMA PGRI 1 Terbanggi Besar Tahun Pelajaran 2013/2014)

Ayu Amalia, 0743024011 (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI POKOK DUNIA TUMBUHAN (Kuasi Eksperimental pada Siswa Kelas X Semester Genap SMA PGRI 1 Terbanggi Besar Tahun Pelajaran 2013/2014). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (119Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (98Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTTO.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (53Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (46Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (113Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (75Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (322Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (399Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (55Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran TGT dengan media kartu bergambar terhadap aktivitas belajar dan penguasaan materi oleh siswa. Desain penelitian adalah pretes-postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X1 dan X2 yang dipilih secara purposive sampling. Data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa data aktivitas belajar yang diperoleh melalui lembar observasi, dan data tanggapan siswa diperoleh melalui angket, kemudian dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif berupa penguasaan materi oleh siswa diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain, kemudian dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan uji-U pada taraf kepercayaan 5% melalui program SPSS 17. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata aktivitas belajar yaitu 80,16% dengan berkriteria tinggi. Peningkatan tampak juga pada semua aspek aktivitas belajar siswa yang diamati, yaitu mengemukakan pendapat (76,19%); mengajukan pertanyaan (77,78%); bekerja sama dengan teman (84,13%); dan bertukar informasi (82,54%). Rata-rata N-gain penguasaan penguasaan materi pada indikator C1 sebesar 92,86±17,93; dan indikator C3 sebesar 32,71±27,79 tidak berbeda signifikan. Sedangkan indikator C2 sebesar 86,54±24,13 berbeda signifikan. Dengan demikian, model pembelajaran TGT dengan media kartu bergambar dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, namun tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan penguasaan materi Dunia Tumbuhan. Kata kunci: Aktivitas belajar, Penguasaan materi, TGT, Kartu bergambar, Dunia tumbuhan

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 6796178 . Digilib
Date Deposited: 14 Apr 2015 09:08
Terakhir diubah: 14 Apr 2015 09:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/8343

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir