PENGARUH PEMBELAJARAN PJBL TERINTEGRASI DENGAN STEM TERHADAP KEMAMPUAN HOTS DAN KOLABORASI PESERTA DIDIK PADA MATERI BIOTEKNOLOGI

RAHMA , DWI FADILA (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN PJBL TERINTEGRASI DENGAN STEM TERHADAP KEMAMPUAN HOTS DAN KOLABORASI PESERTA DIDIK PADA MATERI BIOTEKNOLOGI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK_Rahma Dwi Fadila - Rahma Dwi.pdf

Download (220Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi Full Tanpa Lampiran - Rahma Dwi.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1710Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi Tanpa Pembahasan - Rahma Dwi.pdf

Download (1288Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran PjBL terintegrasi dengan STEM terhadap kemampuan HOTS dan kolaborasi peserta didik materi bioteknologi. Penelitian dilaksanakan pada semester genap di SMPN 1 Trimurjo. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest non-equivalent control group. Sampel penelitian berjumlah 58 peserta didik, kelas IX.7 sebagai kelas kontrol dan IX.9 sebagai kelas eksperimen dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Kelas eksperimen menggunakan pembelajaran PjBL terintegrasi STEM, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode diskusi dengan pendekatan saintifik. Data kemampuan HOTS didapatkan dari hasil pretest-posttest yang dianalisis menggunakan uji Independent Sample T-test dengan bantuan program SPSS Statistic Version 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada taraf signifikansi 0,005 didapatkan nilai Sig. (2-tailed) 0,001 < 0,05 maka H1 diterima. Kemudian hasil uji pengaruh (effect size) sebesar 1,21 dengan kriteria “Tinggi” yang berarti pembelajaran PjBL terintegrasi STEM berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan HOTS. Sedangkan data kemampuan kolaborasi diperoleh dari hasil perhitungan lembar observasi peserta didik. Hasil perhitungan data kemampuan kolaborasi peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dengan persentase 81,7% kategori “Sangat Baik” dibandingkan kelas kontrol dengan persentase sebesar 73,1% kategori “Baik”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PjBL terintegrasi STEM terhdap kemampuan HOTS dan kolaborasi peserta didik pada materi bioteknologi. Kata kunci: Bioteknologi, Kemampuan HOTS, Kolaborasi, PJBL-STEM

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 13 Feb 2025 13:55
Terakhir diubah: 13 Feb 2025 13:55
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/83656

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir