GUSTIN , WARDANI (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASSESSMENT FOR LEARNING PADA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROYEK UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN LITERASI SAINS SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - GUSTIN WARDANI.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL - GUSTIN WARDANI.pdf Restricted to Hanya staf Download (5Mb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - GUSTIN WARDANI.pdf Download (1722Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen assessment for learning pada pembelajaran fisika berbasis proyek untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan literasi sains siswa yang valid, reliabel, dan praktis untuk digunakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan 5 tahapan pengembangan yang diadaptasi dari Branch (2009), yakni: (1) analyze (penganalisisan); (2) design (perencanaan); (3) develop (pengembangan); (4) implement (pengimplementasian); dan (5) evaluate (pengevaluasian). Validasi produk dilakukan oleh dua dosen ahli dan satu guru untuk menilai aspek konstruk, substansi, dan bahasa. Berdasarkan hasil validasi ahli instrumen assessment for learning kemampuan berpikir kritis dan literasi sains diperoleh sebesar 89,64% dengan kategori sangat valid. Oleh karena itu, instrumen assessment for learning untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan literasi sains siswa ini diujicobakan kepada 36 siswa dan selanjutnya dianalisis menggunakan model Rasch dengan berbantuan software Ministep 4.8.2. Berdasarkan hasil analisis data uji coba diperoleh 8 butir soal instrumen kemampuan berpikir kritis dan 5 butir soal instrumen kemampuan literasi sains dinyatakan valid. Butir soal pada instrumen assessment for learning kemampuan berpikir kritis dan literasi sains siswa juga dinyatakan reliabel dengan nilai alpha Cronbach berturut-turut sebesar 0,78 dan 0,78 dengan kategori bagus. Uji kepraktisan instrumen assessment for learning kemampuan berpikir kritis dan literasi sains memperoleh rata-rata skor penilaian sebesar 92,08 dengan kriteria sangat praktis. Produk akhir instrumen assessment for learning pada pembelajaran fisika berbasis proyek untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan literasi sains siswa yang dikembangkan telah memenuhi standar kelayakan instrumen, yaitu valid, reliabel, dan praktis. Kata kunci: Assessment for Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Kemampuan Literasi Sains, Project Based Learning
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | UPT . Siswanti |
Date Deposited: | 14 Feb 2025 03:16 |
Terakhir diubah: | 14 Feb 2025 03:16 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/83722 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |