PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA TERHADAP PEMAHAMAN MATERI PENGAMALAN NILAI-NILAI PANCASILA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 1 JATI AGUNG PRINGSEWU

Safitri , Wahyuningtias (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA TERHADAP PEMAHAMAN MATERI PENGAMALAN NILAI-NILAI PANCASILA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 1 JATI AGUNG PRINGSEWU. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT - Safitri Wahyuningtias.pdf

Download (196Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - Safitri Wahyuningtias.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1485Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Safitri Wahyuningtiasl.pdf

Download (1202Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Permasalahan pada penelitian ini terletak pada kurangnya pemahaman materi pengamalan nilai-nilai pancasila pada peserta didik kelas IV SDN 1 Jati Agung Kabupaten Pringsewu. Penelitian ini bertujuan guna menganalisis pengaruh dari penggunaan media diorama terhadap pemahaman materi pengamalan nilai-nilai pancasila pada peserta didik. Metode penelitian ini adalah jenis quasi experimental design dengan nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini berjumlah 51 peserta didik serta sampel yang digunakan yaitu peserta didik kelas IV A dan IV B, sampel ditentukan dengan teknik non probability sampling yaitu sampel jenuh. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pretest dan posttest. Data dianalisis dengan menggunakan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media diorama terhadap pemahaman materi pengamalan nilai-nilai pancasila pada peserta didik kelas IV SDN 1 Jati Agung Pringsewu. Kata kunci: media diorama, pemahaman materi, pengamalan nilai-nilai pancasila, peserta didik. The problem in this research lies in the lack of understanding of the implementation of Pancasila values among fourth-grade students at SDN 1 Jati Agung, Pringsewu Regency. This study aims to analyze the influence of using diorama media on the understanding of the implementation of Pancasila values among students. The research method employed is a quasi-experimental design with a nonequivalent control group design. The population of this study consists of 51 students, and the samples used are students from classes IV A and IV B, determined using non-probability sampling technique, specifically saturation sampling. Data for this study were collected using pretests and posttests. The data were analyzed using a simple regression test. The results of the research indicate that there is an influence of using diorama media on the understanding of the implementation of Pancasila values among fourth-grade students at SDN 1 Jati Agung Pringsewu. Keywords: diorama media, implementing pancasila values, students, undestanding of material.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 14 Feb 2025 07:26
Terakhir diubah: 14 Feb 2025 07:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/83773

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir