PENGARUH PEMBELAJARAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 1 TULANG BAWANG UDIK

ADELLIA , OKNES ANDESTA (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 1 TULANG BAWANG UDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Adelia Oknes andesta.pdf

Download (60Kb) | Preview
[img] File PDF
FULL SKRIPSI - Adelia Oknes andesta.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1458Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
FULL SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN (1) - Adelia Oknes andesta.pdf

Download (1270Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran STEM terhadap penguasaan konsep peserta didik kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Tulang Bawang Udik dan untuk mengetahui perbedaan efektivitas pembelajaran STEM terhadap penguasaan konsep peserta didik kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Tulang Bawang Udik. Penelitian ini menggunakan desain Eksperimen Semu. Rancangan penelitiannya adalah Pretest-Posttest Kelompok Kontrol Non-ekuivalen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tulang Bawang Udik dengan jumlah 60 siswa yang terbagi kedalam 2 kelas. Sampel dicuplik dari populasi dengan teknik sampling jenuh yaitu keseluruhan populasi diambil sebagai sampel, akan tetapi penetuan kelompok eksperimen dan kontrol dilakukan secara acak. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di SMA NEGERI 1 Tulang Bawang Udik pada kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 semester genap 2022/2023 dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran STEM efektif digunakan untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata N-gain pada kelas ekseperimen sebesar 0,56 dengan kategori sedang lebih besar dari kelas kontrol dengan nilai rata-rata N-gain sebesar 0,23 dengan kategori rendah. Hal tersebut menunjukkan bahwa penguasaan konsep kelas eksperimen lebih meningkat dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil uji hipotesis Independent simple T-test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 artinya bahwa implementasi pendekatan pembelajaran STEM dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi suhu dan kalor. Uji effect size diketahui memiliki hasil yaitu 1,266 dengan kategori besar, artinya bahwa pendekatan pembelajaran STEM berpengaruh besar terhadap penguasaan konsep siswa SMA kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 di SMA Negeri 1 Tulang Bawang Udik. Kata Kunci: Fisika, Penguasaan Konsep, STEM, Suhu dan Kalor

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 14 Feb 2025 08:11
Terakhir diubah: 14 Feb 2025 08:11
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/83812

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir