PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP PENGENALAN KONSEP SAINS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

AZZAHRA PUTRI, HERSI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP PENGENALAN KONSEP SAINS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img] File PDF
Skripsi Prodi PGPAUD_Azzahra Putri Hersi_2013054012. - Azzahra Putri.h.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1371Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi Tanpa Pembahasan_Prodi PG PAUD_Azzahra Putri Hersi_2013054012. - Azzahra Putri.h.pdf

Download (1467Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Abstrak Skripsi Prodi PGPAUD_Azzahra Putri Hersi_2013054012-2-3 - Azzahra Putri.h.pdf

Download (83Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan anak usia 5-6 tahun di kelompok B dalam mengenal konsep sains masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pembelajaran berbasis experiential learning terhadap pengenalan konsep sains anak usia 5-6 tahun di kelompok B TK IT Bung Tomo Indonesia Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian Quasi Experiment dengan desain Nonequivalent yang menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 60 anak, sedangkan sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 30 anak, yang terdiri dari kelas B1 berjumlah 15 anak sebagai kelas eksperimen dan B2 berjumlah 15 anak sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada eksperimen ini berupa observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji N-Gain dan uji Mann Whitney menunjukkan nilai sig sebesar 0,00 < U tabel 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, atau terdapat pengaruh antara penggunaan model pembelajaran berbasis experiential learning terhadap kemampuan mengenal konsep sains anak usia 5-6 tahun di TK IT Bung Tomo Indonesia. Kata kunci : konsep sains, pembelajaran berbasis pengalaman The problem in this research is that the ability of children aged 5-6 years in group B to recognize scientific concepts is still low. This research aims to determine the effect of using experiential learning-based learning on the introduction of science concepts in children aged 5-6 years in group B of the TK IT Bung Tomo Indonesia Bandar Lampung. This research is quantitative research with a Quasi Experiment research method with a Nonequivalent design using an experimental class and a control class. The population in this study was 60 children, while the sample used in this study was 30 children, consisting of class B1 with 15 children as the experimental class and B2 with 15 children as the control class. The data collection techniques used in this experiment are observation and documentation. Data analysis techniques using the N-Gain test and the Mann Whitney test show a sig value of 0.00 < U table 0.05, so Ho is rejected and Ha is accepted, or there is a positive influence between the use of experiential learning-based learning on the ability to recognize science concepts in children aged 5 -6 years at TK IT Bung Tomo Indonesia IT Bandar Lampung. Keywords : concept of science, experiential learning

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan PG-PAUD
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 14 Feb 2025 08:20
Terakhir diubah: 14 Feb 2025 08:20
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/83821

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir