PENGEMBANGAN MODUL AJAR P5 UNTUK IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI TK AL-HAKIM KIDS KALIANDA

Muhammad , Kahfi Aradika (2025) PENGEMBANGAN MODUL AJAR P5 UNTUK IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI TK AL-HAKIM KIDS KALIANDA. Masters thesis, PASCASARJANA TEKNOLOGI PENDIDIKAN .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (226Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (5Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan dan efektivitas pengembangan modul ajar P5 untuk implementasi Kurikulum Merdeka di TK Al-Hakim Kids Kalinda. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan, populasi berjumlah 9 guru, Pengumpulan data dengan wawancara, observasi, tes, angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan potensi dan kondisi pengembangan didasari dengan adanya analisis kebutuhan TK Al-Hakim Kids yang merupakan TK pertama yang mendapat status sebagai sekolah penggerak di Kabupaten Lampung Selatan, sedangkan kondisi dari sekolah belum memiliki sumber belajar relevan yang sesuai dengan P5. Proses pengembangan menggunakan model pengembangan Borg and Gall sampai pada tahap ke 8 operational field testing. Kelayakan hasil pengujian dilakukan oleh ahli media, materi dan desain mendapatkan skor 98 (layak), pada pengimplementasian peneliti melakukan pelaksanaan sebanyak 4 kali pertemuan. Efektivitas pengambangan mendapatkan hasil, penilaian 7 guru berketegori tinggi sedangkan 2 berkategori sedang. Kata Kunci : Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Modul, Pancasila, Implementasi Kurikulum Merdeka. The study aims to determine the development process, feasibility and effectiveness of developing P5 teaching modules for implementing the Merdeka Curriculum at Al-Hakim Kids Kalinda Kindergarten. The research method used is research and development, the population is 9 teachers, data collection by interview, observation, test, questionnaire and documentation. Data analysis using the NGain formula. The results showed that the potential and conditions of development were based on an analysis of the needs of Al-Hakim Kids Kindergarten which was the first kindergarten to receive status as a driving school in South Lampung Regency, while the conditions of the school did not have relevant learning resources that were in accordance with P5. The development process uses the Borg and Gall development model up to stage 8 operational field testing. The feasibility of the test results was carried out by media, material and design experts to get a score of 98 (feasible), in the implementation of researchers conducting 4 meetings. The effectiveness of development gets results, the assessment of 7 teachers is high while 2 are in the medium category. : Pancasila Student Profile Strengthening Project, Module, Pancasila, Implementation of the Merdeka Curriculum. Keywords iv

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
600 Teknologi (ilmu terapan)
600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan
Pengguna Deposit: 2308515577 . Digilib
Date Deposited: 15 Feb 2025 02:34
Terakhir diubah: 15 Feb 2025 02:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/83862

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir