TINGKAT KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN RUMAH TANGGA GULA PASIR MEREK GULAKU DAN GULA GMP DI KOTA BANDAR LAMPUNG

Beta , Sania (2024) TINGKAT KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN RUMAH TANGGA GULA PASIR MEREK GULAKU DAN GULA GMP DI KOTA BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK_BETA - Beta Sania.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL_BETA - Beta Sania.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2009Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN_BETA - Beta Sania.pdf

Download (1496Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola konsumsi, faktor-faktor yang memengaruhi pola konsumsi, kepuasan dan loyalitas konsumen rumah tangga terhadap gula pasir merek Gulaku dan Gula GMP di Kota Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode survei yang dilakukan di 10 swalayan di Kota Bandar Lampung pada Maret-April 2023. Jumlah sampel sebanyak 74 rumah tangga dipilih dengan metode accidental sampling. Data penelitian dianalisis dengan metode analisis deskriptif, analisis regresi linear berganda, Costumer Satisfaction Index (CSI), Importance Performance Analysis (IPA) dan piramida loyalitas. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata jumlah konsumsi gula pasir rumah tangga sebesar 1,72 kilogram per bulan dengan frekuensi konsumsi terbanyak adalah 30 kali dalam sebulan. Frekuensi pembelian gula pasir terbanyak 1 kali perbulan dan sebagian besar konsumen mengonsumsi untuk konsumsi sendiri dengan cara mengonsumsi ditambahkan ke minuman dan makanan. Faktor-faktor yang berpengaruh nyata pada jumlah konsumsi gula pasir adalah harga teh dan jumlah anggota keluarga. Nilai kepuasan konsumen merek Gulaku yaitu sebesar 81,58 persen dan merek Gula GMP yaitu sebesar 81,70 persen yang termasuk dalam kategori sangat puas. Atribut yang perlu dipertahankan oleh produsen Gulaku dan Gula GMP adalah harga, kebersihan produk, ketersediaan tanggal kadaluarsa, label halal dan izin BPOM. Konsumen gula pasir merek Gulaku dan Gula GMP berada pada kategori konsumen satisfied buyer dan konsumen loyal. Kata kunci : Gula pasir, kepuasan, loyalitas konsumen, pola konsumsi. The study aims to determine consumption patterns, factors that influence consumption patterns, satisfaction and loyalty of household consumers of granulated sugar brand Gulaku and Gula GMP in Bandar Lampung City. This study uses a survey method conducted in 10 supermarkets in Bandar Lampung City in March-April 2023. The total sample of 74 households was selected by accidental sampling method. Research data were analyzed by descriptive analysis methods, multiple linear regression analysis, Customer Satisfaction Index (CSI), Importance Performance Analysis (IPA) and loyalty pyramid. The results of the study showed that the average amount of household sugar consumption was 1.72 kilograms per month with the highest frequency of consumption being 30 times a month. The frequency of buying granulated sugar is the highest 1 time per month and most consumers consume it for their own consumption by consuming it added to drinks and food. Factors that affect the amount of sugar consumption are the price of tea and the number of family members. The consumer satisfaction score of the Gulaku is 81.58 percent and the Gula GMP is 81.70 percent which is included in the very satisfied category. Attributes that need to be maintained by Gulaku and Gula GMP producers are price, product hygiene, availability of expiration dates, halal labels and BPOM permits. Consumers of granulated sugar brands Gulaku and Gula GMP are in the category of satisfied buyer consumers and they are loyal. Key words: consumer loyalty, consumption patterns, satisfaction, sugar.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi
600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Agribisnis
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 15 Feb 2025 06:21
Terakhir diubah: 15 Feb 2025 06:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/83903

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir