PENGARUH MODEL S-O-R TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF KONSUMEN DALAM LIVE STREAMING COMMERCE (Studi Kasus pada Konsumen Shopee Live)

SALSABILA , SALMA (2024) PENGARUH MODEL S-O-R TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF KONSUMEN DALAM LIVE STREAMING COMMERCE (Studi Kasus pada Konsumen Shopee Live). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - Salsabila Salma.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - Salsabila Salma.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2455Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMABAHASAN - Salsabila Salma.pdf

Download (2357Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh berbagai jenis presence dalam membentuk perilaku pembelian impulsif konsumen di live streaming commerce. Proses pembentukan perilaku pembelian impulsif konsumen tersebut di analisis melalui kerangka model S-O-R (Stimulus-Organism- Response). Dengan stimulus yang diwakilkan oleh social presence of platform, viewer, dan streamer, serta telepresence. Kemudian, organism diwakilkan oleh flow state dan kepercayaan konsumen, sedangkan response yang diharapkan berupa perilaku pembelian impulsif konsumen. Penelitian ini menggunakan metode survey dan teknik analisis SEM-PLS untuk mengukur hubungan antar variabel laten. 100 konsumen Shopee Live dikumpulkan untuk menjadi responden dan didapatkan hasil bahwa social presence of platform berpengaruh signifikan terhadap flow state dan kepercayaan konsumen, sedangkan ketiga stimulus lainnya hanya berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan konsumen. Selanjutnya, penelitian ini menemukan bahwa flow state dan kepercayaan konsumen berpengaruh signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif konsumen. Kata Kunci: Live Streaming Commerce, Social Presence, Model S-O-R, Perilaku Pembelian Impulsif Konsumen, Shopee Live. The aim of this research is to find out how much influence various types of presence have in forming consumer impulse buying behavior in live streaming commerce. The process of forming consumer impulse buying behavior is analyzed through the S-O-R (Stimulus-Organism-Response) model framework. The social presence of platforms, viewers, streamers, and telepresence collectively represent the stimulus. The flow state and consumer trust represent the organism, while the expected response manifests as impulsive buying behavior. This research used survey methods and SEM-PLS analysis techniques to measure the relationship between latent variables. We gathered 100 Shopee Live consumers as respondents, and the results found that the platform's social presence significantly influenced flow state and consumer trust, whereas the other three stimuli only significantly affected consumer trust. Furthermore, this research finds that flow state and consumer trust have a significant effect on consumer impulse buying behavior. Keywords: Live Streaming Commerce, Social Presence, S-O-R Model, Impulsive Buying Behaviour, Shopee Live.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Administrasi Bisnis
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 15 Feb 2025 06:45
Terakhir diubah: 15 Feb 2025 06:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/83911

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir