FHAROZA , YULISKA PUTRI (2025) PENGEMBANGAN MODUL BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PARADOXICAL INTENTION UNTUK MEREDUKSI KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN UMUM. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (227Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
TESIS TIKA FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2280Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
TESIS TIKA FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2279Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Perasaan cemas saat mengawali berbicara di depan umum adalah hal yang hampir pasti di alami oleh semua orang. Bahkan seseorang yang berpengalaman berbicara di depan umum pun tidak terlepas dari perasaan seperti ini. Individu yang mengalami kecemasan berbicara di depan umum cenderung menunjukkan indikasi yang sama dan dapat dilihat dari tanda-tanda fisik, mental maupun emosional. Tujuan penelitian ini adalah melakukan pengembangan modul bimbingan kelompok teknik Paradoxical Intention untuk mengurangi kecemasan berbicara di depan umum. Pendekatan ini memungkinkan peserta didik untuk mengalihkan perhatian mereka dari ketakutan yang terfokus sebelumnya dan membuat mereka lebih memahami bahwa kecemasan yang dirasakan tersebut hanyalah bagian dari sebuah pengalaman, bukan sesuatu yang perlu dihindari atau ditakuti. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan R&D (Research and Development) yang dilakukan di SMP Negeri 12 Bandar Lampung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE untuk menghasilkan suatu produk berupa modul BK, 2) pemanfaatan dinamika interaksi kelompok yang baik, peserta didik tidak hanya memperoleh strategi keterampilan berbicara di depan umum, tetapi juga mengembangkan keterampilan sosial dan emosional yang penting untuk kehidupan sehari-hari. dan 3) hasil analisis deskriptif statistik dan uji independent sample t test didapatkan hasil nilai Sig. (2-tailed) 0,001 < 0,05 yang artinya modul bimbingan kelompok teknik paradoxical intention efektif untuk mereduksi kecemasan berbicara di depan umum. Kata kunci: kecemasan berbicara di depan umum, teknik Paradoxical Intention, bimbingan kelompok Feeling anxious when speaking in public is something that almost everyone hasexperienced. Even someone who is experienced in public speaking is not devoid of this feeling. Individuals who experience public speaking anxiety tend to show thesame indications and can be seen from physical, mental and emotional signs. Thepurpose of this research is to develop a group guidance module of Paradoxical Intention technique to reduce public speaking anxiety. It allows learners to distracthemselves from the fears they are focused on and makes them realize that the anxiety they feel is just part of the experience, not something to be avoided or afraiof. This study used the R&D (Research and Development) research anddevelopment method that was conducted at SMP Negeri 12 Bandar Lampung. Theresults of the research showed that 1) this development research used the ADDIEdevelopment model to produce a product of counseling module, 2) the students'utilization of good group interaction dynamics not only gained strategies for publispeaking skills, but also had the ability to develop social and emotional skills thatare important for daily life, and 3) the results of the descriptive statistical analysis and independent sample t test obtained Sig. (2-tailed) 0.001 <0.05, which meansthat the group guidance module paradoxical intention technique is effective forreducing public speaking anxiety.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan |
Pengguna Deposit: | 2308254830 . Digilib |
Date Deposited: | 17 Feb 2025 10:07 |
Terakhir diubah: | 17 Feb 2025 10:07 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/84044 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |