PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MODUL DIGITAL INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMPN 1 TRIMURJO

RANI THIFAL, BATARI (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MODUL DIGITAL INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMPN 1 TRIMURJO. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Rani Thifal Batari_Abstrak - Rani Thifal.pdf

Download (329Kb) | Preview
[img] File PDF
Rani Thifal Batari_Skripsi full - Rani Thifal.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2050Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Rani Thifal Batari_Skripsi full tanpa pembaahsan - Rani Thifal.pdf

Download (1802Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantu modul digital interaktif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VII di SMPN 1 Trimurjo. Penelitian ini menggunakan quasy experiment dengan desain penelitian pretest – posttest nonequivalent control group. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan teknik cluster random sampling, dengan jumlah sampel 33 peserta didik kelas VII 7 sebagai kelas eksperimen dan 33 peserta didik kelas VII 8 sebagai kelas kontrol. Data kemampuan pemecahan masalah didapatkan dari hasil pre-test dan post-test sedangkan penggunaan angket digunakan untuk mengetahui tanggapan peserta didik tentang pembelajaran menggunakan PBL berbantu modul digital interaktif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rerata N-gain sebesar 0,65 dengan kriteria “sedang” pada kelas eksperimen dan 0,35 dengan kriteria “sedang” pada kelas kontrol. Hasil uji hipotesis menggunakan Mann-Whitney didapatkan nilai sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05 yang artinya H0 ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PBL berbantuan modul digital interaktif berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Kemampuan pemecahan masalah tertinggi berada pada indikator mendiagnosis masalah. Berdasarkan perolehan hasil angket respon peserta didik didapatkan rata-rata 83,93% berpendapat bahwa pembelajaran menggunakan model PBL berbantuan modul digital interaktif dapat meningkatkan pemahaman materi saat proses pembelajaran. Kata kunci : kemampuan pemecahan masalah, modul digital interaktif, pencemaran lingkungan, problem based learning

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 17 Feb 2025 08:14
Terakhir diubah: 17 Feb 2025 08:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/84098

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir