, TAUFIK HIDAYAT (2011) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MENGGUNAKAN MEDIA REALIA DI KELAS IV SDN2 KAMPUNG BARU TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
Text
Cover.pdf - Published Version Download (123Kb) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf - Published Version Download (85Kb) | Preview |
|
|
Text
Mengesahkan.pdf - Published Version Download (149Kb) | Preview |
|
|
Text
Menyetujui.pdf - Published Version Download (83Kb) | Preview |
|
|
Text
Pernyataan.pdf - Published Version Download (84Kb) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version Download (226Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (286Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Download (220Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Download (234Kb) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (384Kb) |
|
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Download (88Kb) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (86Kb) | Preview |
|
![]() |
Archive
PDF.zip - Published Version Download (225Kb) |
Abstrak
Berdasarkan pengamatan, pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SDN 2 Kampung Baru Kecamatan Kedaton masih berpusat pada guru. Dalam pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah saja, pemberian contoh masih secara lisan maupun tulisan dan belum memperhatikan bagaimana siswa memperoleh sendiri pengetahuanya. penjelasan guru tidak tuntas, guru sudah melajutkan penjelasan berikutnya. Sangat sedikit variasi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam karena guru tidak menggunakan media pembelajaran yang bermakna dan nyata untuk mengembangkan pengetahuan. Dalam hal ini tujuan penggunaan Media realia adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam kelas IV SDN 2 Kampung Baru. Penelitian yang dilaksanakan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Classrom Action Research), Prosedur penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam bentuk siklus, setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu sebagai berikut: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan tindakan/observasi, (4) refleksi. Data penelitian diperoleh melalui lembar observasi dan tes hasil belajar. Hasil analisis aktivitas belajar siswa meningkat dari 68% pada siklus I menjadi 80.8% pada siklus II, selanjutnya pada siklus III naik lagi menjadi 85.6%. Begitu juga hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari rata-rata 69.6 pada siklus I menjadi 74.84 pada siklus II kemudian menjadi 74.84 pada siklus III. Pada akhir siklus aktivitas belajar siswa meningkat begitu juga hasil belajar siswa mengalami kenaikan diatas KKM yang telah ditentukan. Hasil penelitian ini menunjukkan wujud keberhasilan dalam melakukan tindakan yaitu: (1) Adanya peningkatan hasil belajar siswa dan aktivitas siswa; (2) kegiatan belajar mengajar menjadi menarik sehingga siswa tidak jenuh; (3) siswa dapat mengikuti proses pembelajaran menggunakan media realia dengan hasil baik. Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar dan Media Realia
Tipe Karya Ilmiah: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | Agama > BF Psychology Hukum Pidana > Agama > BF Psychology L Education > L Education (General) = Pendidikan L Education > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | Fakultas KIP > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Farid Hambali Prihantoro, A.Md. |
Date Deposited: | 30 Jan 2014 06:48 |
Last Modified: | 30 Jan 2014 06:48 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/841 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |