Witri , Karisma Azhari (2024) IMAJI DALAM KUMPULAN PUISI SEPOTONG HATI DI ANGKRINGAN KARYA JOKO PINURBO DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - Witri Karisma Azhari.pdf Download (184Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL - Witri Karisma Azhari.pdf Restricted to Hanya staf Download (1700Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Witri Karisma Azhari.pdf Download (1566Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk imaji dalam kumpulan puisi Sepotong Hati di Angkringan karya Joko Pinurbo dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan imaji dalam kumpulan puisi Sepotong Hati di Angkringan karya Joko Pinurbo dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah kumpulan puisi Sepotong Hati di Angkringan (bagian kedua) karya Joko Pinurbo yang diterbitkan pada tahun 2022. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa kata, frasa, kalimat, dan kutipan yang terdapat dalam kumpulan puisi Sepotong Hati di Angkringan (bagian kedua) yang mengandung imaji. Teknik pengumpulan data dan teknik analisis data dilakukan dengan teknik baca, tandai, catat, klasifikasi data, analisis data, dideskripsikan data, dan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kumpulan puisi Sepotong Hati di Angkringan (bagian kedua) karya Joko Pinurbo mengandung imaji yang terdiri atas enam imaji yakni imaji visual, imaji pendengaran , imaji penciuman, imaji rasaan/pengecapan, imaji taktil, dan imaji kinestetik dengan jumlah keseluruhan 77 data dari 29 puisi. Imaji-imaji yang ditemukan memberikan dampak dalam kumpulan puisi Sepotong Hati di Angkringan (bagian kedua) karya Joko Pinurbo seperti menambah kedalaman warna pada puisi, membangkitkan emosi dalam puisi, membangkitkan imajinasi pembaca. Penelitian ini juga diimplikasikan pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMA berbasis Kurikulum Merdeka pada Fase E kelas X berupa modul ajar dengan materi menulis puisi. Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Kumpulan Puisi, Imaji, Menulis Puisi, Joko Pinurbo.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 400 Bahasa |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia |
Pengguna Deposit: | UPT . Desi Zulfi Melasari |
Date Deposited: | 17 Feb 2025 08:26 |
Terakhir diubah: | 17 Feb 2025 08:26 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/84101 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |