PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PREZI DALAM MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI BASIS DATA DI KELAS XI SMK NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG

Luthfi , Zuliyanti (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PREZI DALAM MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI BASIS DATA DI KELAS XI SMK NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Luthfi Zuliyanti.pdf

Download (585Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - Luthfi Zuliyanti.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2073Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Luthfi Zuliyanti.pdf

Download (1618Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media pembelajaran berbasis Prezi pada materi basis data kelas XI Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) yang telah dikembangkan oleh Rahmatika (2022) dengan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa. Desain penelitian pre-experimental bentuk one grup pretest-posttest dengan melibatkan 39 siswa kelas XI RPL di SMK Negeri 7 Bandar Lampung. Instrumen yang digunakan adalah 20 soal tes pilihan ganda untuk hasil belajar kognitif dan lembar penilaian ujian praktikum untuk hasil belajar psikomotorik. Teknik pengumpulan data dengan pemberian pretest dan posttest yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitas menghasilkan nilai sebesar 0,925 dengan kategori tinggi. Hasil penelitian menggunakan uji Paired Sample T-test, bahwa hasil belajar kognitif dan hasil belajar psikomotorik yang menggunakan One Sample T-test dikelas eksperimen mendapatkan nilai tinggi. Hasil uji pretest dan posttest menunjukan perbandingan yang signifikan dengan nilai rata-rata nilai pretest 49,74 dan posttest 85,38 dengan rata-rata N-gain 71,62 masuk kategori tinggi. Melalui penerapan media pembelajaran berbasis Prezi pada materi basis data menunjukan peserta didik memahami materi dan mengalami peningkatan hasil belajar pada ranah kognitif dan psikomotorik. Kata Kunci : basis data, hasil belajar, NHT, Prezi This study aims to determine the effect of the application of Prezi-based learning media on database material in class XI Software Engineering (RPL) which has been developed by Rahmatika (2022) with the Number Head Together (NHT) type cooperative learning model on student learning outcomes. Pre-experimental research design in the form of one group pretest-posttest involving 39 students of class XI RPL at SMK Negeri 7 Bandar Lampung. The instruments used were 20 multiple choice test questions for cognitive learning outcomes and practical exam assessment sheets for psychomotor learning outcomes. Data collection techniques by giving pretests and posttests that had previously been tested for validity and reliability resulted in a value of 0.925 with a high category. The results of the study using the Paired Sample T-test test, that the cognitive learning outcomes and psychomotor learning outcomes using the One Sample T-test in the experimental class get high scores. The results of the pretest and posttest tests showed a significant comparison with the average value of the pretest value of 49.74 and posttest 85.38 with an average N-gain of 71.62 in the high category. Through the application of Prezi-based learning media on database material, students understand the material and experience an increase in learning outcomes in the cognitive and psychomotor domains. Keywords: database, learning outcomes,NHT, Prezi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Teknologi Informasi
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 18 Feb 2025 02:33
Terakhir diubah: 18 Feb 2025 02:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/84159

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir