PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MODUL DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

AJENG, AMBAR KUSUMA (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MODUL DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. FKIP, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (116Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Problem Based Learning berbantu modul digital terhadap kemampuan literasi sains peserta didik pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil di SMP Negeri 1 Natar. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan teknik Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel diambil menggunakan teknik Purposive sampling. Jenis data berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data diperoleh melalui tes dan angket. Hasil nilai pretest-posttest pada kelas eksperimen yang menggunakan model PBL mendapat skor nilai N-gain sebesar 0,54 kriteria “sedang” dan diperoleh hasil uji normalitas N-gain pada kelas eksperimen sebesar Sig 0,100 > 0,05 dan pada kelas kontrol sebesar Sig 0,200 > 0,05. Uji homogenitas N-gain sebesar Sig 0,443 > 0,05. Uji hipotesis menggunakan Independent Sample t-test didapatkan nilai Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05, serta hasil uji Effect size sebesar 1,603. Hasil data angket tanggapan peserta didik terhadap model PBL berbantu modul digital interaktif sebesar 93,1%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model PBL berbantu modul digital interaktif terhadap kemampuan literasi sains peserta didik pada materi pencemaran lingkungan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2308462513 . Digilib
Date Deposited: 18 Feb 2025 08:48
Terakhir diubah: 18 Feb 2025 08:48
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/84191

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir