AJENG, AMBAR KUSUMA (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MODUL DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. FKIP, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (116Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (5Mb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf Download (4Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Problem Based Learning berbantu modul digital terhadap kemampuan literasi sains peserta didik pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil di SMP Negeri 1 Natar. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan teknik Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel diambil menggunakan teknik Purposive sampling. Jenis data berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data diperoleh melalui tes dan angket. Hasil nilai pretest-posttest pada kelas eksperimen yang menggunakan model PBL mendapat skor nilai N-gain sebesar 0,54 kriteria “sedang” dan diperoleh hasil uji normalitas N-gain pada kelas eksperimen sebesar Sig 0,100 > 0,05 dan pada kelas kontrol sebesar Sig 0,200 > 0,05. Uji homogenitas N-gain sebesar Sig 0,443 > 0,05. Uji hipotesis menggunakan Independent Sample t-test didapatkan nilai Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05, serta hasil uji Effect size sebesar 1,603. Hasil data angket tanggapan peserta didik terhadap model PBL berbantu modul digital interaktif sebesar 93,1%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model PBL berbantu modul digital interaktif terhadap kemampuan literasi sains peserta didik pada materi pencemaran lingkungan.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 2308462513 . Digilib |
Date Deposited: | 18 Feb 2025 08:48 |
Terakhir diubah: | 18 Feb 2025 08:48 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/84191 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |