PENGEMBANGAN e-LKPD BERBASIS INKUIRI UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI INTERFERENSI CAHAYA

Chairani, Kartini S.Harry (2024) PENGEMBANGAN e-LKPD BERBASIS INKUIRI UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI INTERFERENSI CAHAYA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - Chairani Kartini.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - Chairani Kartini.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2711Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN. - Chairani Kartini.pdf

Download (2047Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan e-LKPD berbasis aktivitas model pembelajaran inkuiri untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis pada materi interferensi cahaya berbantuan platform Liveworksheet. Jenis penelitian pengembangan ini adalah Design and Development Research (DDR) dengan menggunakan penilaian terhadap uji validitas, uji kepraktisan yang terdiri dari uji keterbacaan, dan uji persepsi guru, uji keefektifan terdiri dari uji normalitas, N-Gain dan Paired Sample T-Test. Pada hasil uji validitas untuk uji media dan desain didapatkan skor sebesar 3,45 dengan kategori sangat valid, dan untuk uji validasi pada materi dan konstruk diperoleh skor sebesar 3,66 dengan kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan diperoleh skor rata-rata sebesar untuk uji keterbacaan sebesar 83% dengan kategori sangat terbaca, uji persepsi guru sebesar 90,7% dengan kategori. Sehingga rerata skor uji kepraktisan tersebut sebesar 86,85% dengan kategori sangat praktis. Sedangkan untuk uji keefektifan dapat dilihat pada hasil uji n-gain dan paired sample t-test, berdasarkan hasil uji n-gain diperoleh skor sebesar 0,540 dengan kategori sedang. Hal ini menunjukan bahwa keterampilan berpikir kritis peserta didik terlatihkan. Selain itu juga berdasarkan hasil uji paired sample t-test diperoleh nilai signifikansinya sebesar 0.000 yang artinya terdapat terdapat peningkatan yang signifikan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah menggunakan e-LKPD berbasis inkuiri. Sehingga dapat diartikan bahwa e-LKPD berbasis model pembelajaran inkuiri untuk melaihkan keterampilan berpikir kritis pada materi interferensi cahaya efektif digunakan pada proses pembelajaran. Kata kunci : Pengembangan, e-LKPD, Keterampilan Berpikir Kritis, Inkuiri

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 18 Feb 2025 06:26
Terakhir diubah: 18 Feb 2025 06:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/84252

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir