EVA , BERLIANA (2024) STRUKTUR NOVEL 7 PRAJURIT BAPAK KARYA WULAN NURAMALIA DAN RANCANGANNYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - Eva Berliana.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL - Eva Berliana.pdf Restricted to Hanya staf Download (1422Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Eva Berliana.pdf Download (523Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah struktur yang terdapat pada novel 7 Prajurit Bapak karya Wulan Nuramalia serta mendeskripsikan rancangannya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur novel 7 Prajurit Bapak karya Wulan Nuramalia. Struktur Robert Stanton adalah teori yang mengklasifikasikan struktur karya sastra menjadi tiga yaitu fakta-fakta cerita, tema, serta sarana-sarana sastra. Hasil penelitian diharapkan mampu dimanfaatkan pendidik sebagai rancangan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan metode telaah isi dan menjadikan novel 7 Prajurit Bapak karya Wulan Nuramalia sebagai sumber data. Data pada penelitian ini berupa fakta-fakta cerita, tema, dan sarana-sarana sastra dalam novel 7 Prajurit Bapak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi dan teknik pustaka. Teknik observasi dilakukan dengan membaca secara cermat dan kritis setiap dialog dalam novel dan Teknik pustaka dilakukan dengan membaca referensi dari buku Robert Stanton. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam novel 7 Prajurit Bapak karya Wulan Nuramalia ditemukan data mengenai struktur yang dikemukakan oleh Robert Stanton berupa fakta-fakta cerita, tema, dan sarana-sarana sastra dengan data yang ditemukan berjumlah 246 data. Fakta-fakta cerita meliputi alur, karakter, dan latar. Bagian sarana-sarana sastra meliputi judul, sudut pandang, gaya dan tone, simbolisme, serta ironi. Struktur novel kemudian dirancang dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk jenjang SMA kelas XII pada kurikulum 2013 dengan KD 3.9 Menganalisis isi dan kebahasaan novel, dan KD 4.9 Merancang novel atau novelet dengan memerhatikan isi dan kebahasaan baik lisan maupun tulis. Kata kunci: struktur, novel, dan rancangan pembelajaran.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 400 Bahasa |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia |
Pengguna Deposit: | UPT . Desi Zulfi Melasari |
Date Deposited: | 18 Feb 2025 07:03 |
Terakhir diubah: | 18 Feb 2025 07:03 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/84265 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |