PENGARUH PROGRAM FLASH SALE E-COMMERCE SHOPEE TERHADAP TINDAKAN BERBELANJA ONLINE PADA MAHASISWA (Studi Pada Mahasiswa Universitas Lampung)

Riasanda , Maharani (2024) PENGARUH PROGRAM FLASH SALE E-COMMERCE SHOPEE TERHADAP TINDAKAN BERBELANJA ONLINE PADA MAHASISWA (Studi Pada Mahasiswa Universitas Lampung). SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT - Riasanda Maharani.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - Riasanda Maharani.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3125Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Riasanda Maharani.pdf

Download (2140Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Banyaknya e-commerce yang hadir di Indonesia dan kemudahan dalam mendapatkan informasi membuat e-commerce harus berlomba untuk tetap meningkatkan dan menjaga eksistensinya, salah satu cara bersaing dengan memberikan konsumennya kemudahan dan keuntungan. E-commerce shopee menciptakan program promosi yang disebut dengan flash sale. Flash sale adalah promosi dengan waktu yang terbatas dan juga fitur-fitur yang diharapkan dapat memudahkan dan menguntungkan penggunanya. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Lampung yang menggunakan e-commerce shopee. Sampel penelitian berjumlah 100 responden. menurut hasil analisi yang didapatkan dari responden yang sudah ditetapkan bahwa pengaruh program flash sale e- commerce shopee terhadap tindakan berbelanja online pada mahasiswa Universitas Lampung sebesar 64,7%. Berdasarkan hasil penelitian, harga yang murah bagi mahasiswa membuat mereka tetap membeli produk di program flash sale walaupun ragu akan kualitas barang tersebut. Hal ini mengartikan bahwa responden merasa FOMO (fear of missing out) atau tidak ingin tertinggal suatu trend sehingga bertindak impulsive buying sehingga e-commerce shopee berhasil membuat pengaruh yang cukup besar. Hal ini dapat dikaitkan dengan fitur-fitur canggih yang ditampilkan salah satunya yaitu ulasan. Ulasan membuat calon pembeli memiliki keyakinan yang kuat terhadap suatu produk untuk membeli. karena dengan adanya ulasan membuat mereka dapat melihat seperti apa kualitas asli suatu barang berdasarkan pendapat seserong yang sudah membeli produk tersebut. Berdasarkan hasil hipotesis yang menerangkan hubungan variabel X yaitu “pengaruh program flash sale e-commerce shopee” dan Variabel Y “keputusan berbelanja online” didapatkan hasil bahwa thitung>ttabel (13,405 > 1,984) dengan demikian diketahui bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa program flash sale e-commerce shopee mempunyai pengaruh yang cukup kuat terhadap keputusan berbelanja online kepada mahasiswa Universitas Lampung. Kata Kunci: Pengaruh Flash sale, Tindakan Berbelanja, Belanja Online. The number of e-commerce present in Indonesia and the ease of obtaining information make e-commerce must compete to continue to improve and maintain its existence, one way to compete by providing consumers with convenience and benefits. E-commerce shopee creates a promotional program called flash sale. Flash sale is a promotion with limited time and also features that are expected to facilitate and benefit its users. The population in this study were Lampung University students who used shopee e-commerce. The research sample amounted to 100 respondents. according to the results of the analysis obtained from the respondents who have been determined that the effect of the shopee e-commerce flash sale program on online shopping actions on Lampung University students is 64.7%. Based on the research results, low prices for students make them keep buying products in the flash sale program even though they doubt the quality of the goods. This means that respondents feel FOMO (fear of missing out) or do not want to be left behind a trend so that they act impulsively buying so that shopee e- commerce succeeds in making a big enough influence. This can be attributed to the advanced features displayed, one of which is reviews. Reviews make potential buyers have strong confidence in a product to buy. because the reviews make them able to see what the original quality of an item is based on the opinion of someone who has bought the product. Based on the results of the hypothesis that explains the relationship between variable X, namely "the influence of the shopee e-commerce flash sale program" and Variable Y "online shopping decisions", the results show that titung>ttabel (13.405> 1.984) thus it is known that H0 is rejected and Ha is accepted. So it can be concluded that the shopee e-commerce flash sale program has a strong enough influence on online shopping decisions for Lampung University students. Keywords: Influence, Flash sale, The Act of Shopping, Shopping Online.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 18 Feb 2025 07:33
Terakhir diubah: 18 Feb 2025 07:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/84291

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir