Putri , Septiana (2024) PERAN KEPEMIMPINAN VISIONER KEPALA SEKOLAH DI UPTD SEKOLAH DASAR NEGERI. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - Putri Septiana.pdf Download (127Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
PUTRI SEPTIANA-SKRIPSI Tanpa Lampiran - Putri Septiana.pdf Restricted to Hanya staf Download (1733Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI PUTRI SEPTIANA-TANPA BAB PEMBAHASAN - Putri Septiana.pdf Download (1076Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan secara mendalam peran kepemimpinan visioner yang dilakukan oleh kepala sekolah UPTD SD Negeri 17 Negerikaton. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mengumpulkan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, komite, pendidik, staf TU dan wali murid. Hasil penelitian ini mengungkapkan beberapa temuan terkait peran kepemimpinan visioner kepala sekolah. Pertama, kepala sekolah dalam penciptaan visi dilakukan secara musyawarah dengan stakeholder, visi yang diciptakan berorientasi ke masa depan yang menggambarkan dengan jelas tentang apa yang hendak dicapai (visualizing) dan mampu memprediksi kemungkinan-kumungkinan yang akan terjadi (futuristic thinking) serta visi diciptakan berupaya menjadikan sekolah yang unggul. Kedua, kepala sekolah dalam perumusan visi merumuskan kedalam bentuk pernyataan yang jelas dan sesuai dengan peraturan yang berlaku sehingga dapat dipahami oleh warga sekolah dan adanya komitmen yang bulat serta adanya pemberian sanksi bagi yang melanggar. Ketiga, kepala sekolah dalam transformasi visi dikomunikasikan dan disosialisasikan dengan sopan, ramah, santai, harmonis dan komunikatif. Keempat, kepala sekolah dalam implementasi visi yaitu menjadi role model dalam mencontohkan visi, memberikan pelatihan pengembangan diri untuk pendidik, berpartisipasi aktif dalam kegiatan sekolah dan mampu mengatasi tantangan dan hambatan yang terjadi selama proses pengimplementasian visi. Kata Kunci: Kepemimpinan visioner, penciptaan visi, perumusan visi, transformasi visi, implementasi visi This study aims to describe in depth the role of visionary leadership carried out by the principal of UPTD SD Negeri 17 Negerikaton. This research uses qualitative methods by collecting data through interviews, observation and documentation. The informants in this study were the principal, committee, educators, TU staff and student guardians. The results of this study revealed several findings related to the principal's visionary leadership role. First, the principal in creating a vision is done in consultation with stakeholders, the vision created is future-oriented which clearly describes what is to be achieved (visualizing) and is able to predict the possibilities that will occur (futuristic thinking) and the vision created seeks to make the school superior. Second, the principal in the formulation of the vision formulates it into a clear statement and in accordance with applicable regulations so that it can be understood by the school community and there is a unanimous commitment and sanctions for those who violate it. Third, principals in the transformation of vision are communicated and socialized politely, friendly, relaxed, harmonious and communicative. Fourth, the principal in implementing the vision is a role model in exemplifying the vision, providing self-development training for educators, actively participating in school activities and being able to overcome challenges and obstacles that occur during the process. Keywords: Visionary leadership, vision creation, vision formulation, vision transformation, vision implementation
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Siswanti |
Date Deposited: | 18 Feb 2025 13:12 |
Terakhir diubah: | 18 Feb 2025 13:12 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/84392 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |