Rifki , Ramzan Adi Putra (2024) PENERAPAN PENGGUNAAN MEDIA POSTER DIGITAL DALAM MENGEMBANGKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATERI PPKn SMA. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT - Rifki Ramzan Adi Putra.pdf Download (54Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL - Rifki Ramzan Adi Putra.pdf Restricted to Hanya staf Download (2000Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Rifki Ramzan Adi Putra.pdf Download (1649Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan penggunaan media pembelajaran poster digital dalam mengembangkan pemahaman peserta didik pada materi PPKn SMA. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik di SMAN 2 Pringsewu. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 70 responden yang terdiri dari 35 responden kelas eksperimen dan 35 responden kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif yang digunakan untuk mendeskripsikan data penelitian berupa pemahaman peserta didik dalam pembelajaran PPKn sebagai hasil dari penggunaan media pembelajaran poster digital pada kelas eksperimen dan media papan tulis pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti bahwasanya terdapat perbedaan pemahaman materi identitas dan kolaborasi budaya pada peserta didik yang menerapkan media pembelajaran poster digital (kelas eksperimen) dibuktikan dengan N-Gain Score mempunyai efektifitas tes dan angket. Pembelajaran di kelas eksperimen lebih interaktif dibandingkan dengan dengan kelas kontrol dilihat dari banyaknya peserta didik yang mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan, mendengarkan penjelasan guru, menjelaskan dan memberikan contoh serta menyimpulkan materi yang sedang dipelajari. Hasil posttest dari kelas eksperimen dan kontrol mengalami perbedaan di mana hasil kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan dengan kelas kontrol. Pemahaman materi identitas dan kolaborasi budaya peserta didik di kelas eksperimen dengan media pembelajaran poster digital berkategori efektif sedangkan di kelas kontrol yang menerapkan media pembelajaran papan tulis berkategori tidak efektif. Kata kunci: Media Pembelajaran, Poster Digital, Pemahaman Materi. Efektivitas, Peserta Didik. This research aims to determine the application of the use of digital poster learning media in developing students' understanding of high school PPKn material. The research method used in this research is quasi-experimental with a quantitative approach. The subjects of this research were students at SMAN 2 Pringsewu. The sample in this study amounted to 70 respondents consisting of 35 experimental class respondents and 35 control class respondents. The data analysis technique uses descriptive statistical analysis which is used to describe research data in the form of students' understanding of PPKn learning as a result of using digital poster learning media in the experimental class and whiteboard media in the control class. Based on the results of research conducted by researchers, there are differences in understanding of identity material and cultural collaboration among students who apply digital poster learning media (experimental class) as evidenced by the effectiveness of tests and questionnaires in the N-Gain Score. Learning in the experimental class is more interactive compared to the control class as seen from the number of students who ask questions, answer questions, listen to the teacher's explanation, explain and give examples and conclude the material being studied. The posttest results from the experimental and control classes experienced differences where the results of the experimental class were superior to those of the control class. Students' understanding of identity material and cultural collaboration in the experimental class with digital poster learning media was categorized as effective, while in the control class which used blackboard learning media was categorized as ineffective. Keywords: Learning media, Digital poster, Understanding of material. Effectiveness, Students.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi PPKN |
Pengguna Deposit: | UPT . Siswanti |
Date Deposited: | 18 Feb 2025 13:27 |
Terakhir diubah: | 18 Feb 2025 13:27 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/84407 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |