DESKRIPTIF IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN FISIKA TERINTEGRASI STEM DI FILIPINA DAN INDONESIA

Ananda Resya Putri , Resya Putri (2024) DESKRIPTIF IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN FISIKA TERINTEGRASI STEM DI FILIPINA DAN INDONESIA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Ananda Resya Putri.pdf

Download (195Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL TANPA LAMPIRAN - Ananda Resya Putri.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2856Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBEHASAN - Ananda Resya Putri.pdf

Download (2429Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran fisika terintegrasi STEM di Filipina dan Indonesia. Pendekatan yang digunkan pada penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan instrumen non tes berupa angket, wawancara dan analisis dokumen. Sampel pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI 5 dan XI 6 di SMAN 16 Bandar Lampung dan kelas XII STEM di BUCEILS-SHS Filipina. Data hasil penelitian diuji kredibilitasnya dengan menggunkan teknik triangulasi dan kemudian dianalisis dengan menggunkan teknik analisis data menurut Creswell yang terdiri atas 6 langkah yaitu: organizing and preparing data, reading throught all data, coding the data, interrelating themes/description, dan interpreting the meaning of themes/description. Berdasarkan hasil angket yang diisi oleh peserta didik mengenai implementasi pembelejaran fisika terintegrasi STEM diperoleh skor rata- rata sebesar 82% di Filipina dengan kategori sangat baik dan 75% di Indonesia dengan kategori baik. Data hasil pengisian angket juga didukung dengan data wawancara kepada guru dan juga data analisis dokumen perangkat pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran fisika di Filipina dan Indonesia. Berdasarkan data hasil penelitian yang diperoleh dari angket peserta didik, wawancara guru, dan analisis dokumen perangkat pembelajaran dapat diakatakan bahwa pembelajaran terintegrasi STEM pada pembelajaran fisika di Filipina dan Indonesia sudah diimplementasikan secara baik. Kata kunci: Pembelajaran fisika di Filipina, Pembelajaran fisika di Indonesia, STEM.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 19 Feb 2025 01:12
Terakhir diubah: 19 Feb 2025 01:12
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/84427

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir