1013076009, Siti Alpiyah (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA LAGU PADA SISWA KELAS IX SEMESTER GANJIL SMP 17.3 KATIBUNG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012. UNSPECIFIED.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (58Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (140Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER.pdf Download (135Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GRAFIK.pdf Download (37Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR IS.pdf Download (55Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (59Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (45Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (32Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENGESAHAN.pdf Download (51Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (43Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSETUJUAN.pdf Download (53Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (47Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (63Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (91Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (153Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (153Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (167Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (67Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (73Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini merupakan Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Pendek dengan Menggunakan Media Lagu pada Siswa Kelas IX SMP 17.3 Katibung Ka- bupaten Lampung Selatan yang dilaksanakan pada semester ganjil Tahun Pel- ajaran 2011/2012 dengan jumlah 30 siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengobservasian, dan refleksi. Pada siklus I setiap siswa menulis cerita pendek dengan lagu yang mereka senangi. Aspek yang dinilai pada setiap siklus adalah aktivitas siswa dan guru. Hasil evaluasi pada siklus I menunjukkan ketidak berhasilan, dikarenakan aktivitas dan prestasi belajar siswa belum optimal. Pada siklus II dalam proses pembelajaran dan latihan menulis cerita pendek guru memberikan media yang lebih menarik, yaitu media audio visual yang berupa proyektor, seperangkat komputer dan kaset VCD.(video compact disk) Hasil evaluasi siklus II menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa meningkat karena sesuai dengan indikator kerja yang menyatakan penelitian tindakan kelas berhasil, jika hasil belajar siswa mencapai kriteria ketuntasan klasikal sebesar 75%. Hasil penelitian kemampuan menulis cerita pendek pada setiap siklus terdapat pe- ningkatan. Prasiklus siswa yang sudah mencapai KKM hanya 7 orang dengan persentase 23,33%, siswa yang belum mencapai KKM 23 orang dengan persentase 76,66%. Siklus I yang menapat nilai dengan kategori baik yaitu 3 orang siswa dengan presentase 6,66%, siswa yang mendapat nilai dengan kategori cukup adalah 15 siswa dengan presetase 10%, dan siswa yang mendapat nilai dengan kategori kurang sebanyak 12 siswa dengan presentase 40% dibandingkan dengan prasiklus mengalami kenaikan. Pada siklus II seluruh siswa telah mencapai nilai KKM, yaitu 8 orang siswa dengan kategori nilai baik sekali, 9 siswa yang mendapat nilai baik, dan 13 siswa mendapat nilai cukup. Hasil yang diperoleh mengalami peningkatan dari prasiklus ke siklus I meningkat 26,67%, sedangkan dari prasiklus ke siklus II sebesar 56,667%. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa media lagu dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis cerita pendek pada siswa kelas IX SMP 17.3 Katibung Lam- pung Selatan sehingga mencapai tujuan yang telah ditetapkan, yaitu tercapainya KKM sekolah untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia 65,00
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi |
Pengguna Deposit: | UPT . Meda Sulistiana |
Date Deposited: | 16 Apr 2015 06:04 |
Terakhir diubah: | 19 Oct 2015 07:13 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/8452 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |