PEMEROLEHAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA YOUTUBE DI TK KUNTUM MEKAR KIDS RAJABASA

TIKA, CAHYANI SYAPUTRI (2025) PEMEROLEHAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA YOUTUBE DI TK KUNTUM MEKAR KIDS RAJABASA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (57Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2392Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1442Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pemerolehan kosakata, khususnya kosakata Bahasa Indonesia anak usia 4-5 tahun melalui kegiatan menonton video yang ada di YouTube. Jenis penelitian adalah studi kasus menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek lima orang anak usia 4-5 tahun. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara guru dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pemerolehan kosakata anak yang diteliti meliputi: (1) dimensi menyimak kosakata (2) dimensi merespons kosakata (3) dimensi mengucapkan kosakata. Hasil penelitian diperoleh bahwa pada dimensi menyimak, anak-anak tidak hanya mengenali kosakata baru, tetapi anak juga mampu memahami makna kosakata sehingga dapat mengaitkannya dengan pengalaman sehari-hari dalam konteks percakapan. Selanjutnya, pada dimensi merespons, anak mampu memberikan tanggapan atau respons yang tepat dan anak mampu menjawab pertanyaan dari guru dengan penggunaan kosakata yang telah diperoleh. Terakhir pada dimensi mengucapkan, anak mampu melafalkan kosakata dan menyampaikan kosakata tersebut dengan kalimat yang sesuai dalam konteks percakapan. Kata Kunci: pemerolehan kosakata, menyimak, merespon, mengucapkan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
400 Bahasa > 407 Pendidikan, riset dan topik terkait tentang Bahasa
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan PG-PAUD
Pengguna Deposit: 2308683222 . Digilib
Date Deposited: 19 Feb 2025 09:14
Terakhir diubah: 19 Feb 2025 09:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/84610

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir